UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IBADAH MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO PADA PESERTA DIDIK KELAS IV A SD MUHAMMADIYAH AMBARBINANGUN KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA

Marwanti Marwanti

Abstract


ABSTRACT
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui strategi
pembelajaran The Power of Two pada mata pelajaran ibadah kelas IV A di SDM Ambarbinangun.
Minat belajar siswa diukur dari tingkat kesiapan, perhatian dan keaktifan siswa. Penelitian ini
menggunakan teknik pengumpulan data dengan dokumentasi, observasi, angket dan evaluasi. Data
berasal dari studi dokumentasi, hasil observasi, angket dan evaluasi. Analisis yang digunakan adalah
analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi The Power of Two dapat
meningkatkan minat belajar ibadah siswa kelas IV A SD Muhammadiyah Ambarbinangun. Hal ini
nampak dari peningkatan kesiapan, perhatian dan keaktifan siswa selama pembelajaran. Dari hasil
evaluasi berupa tes tertulis dan unjuk kerja dzikir sesudah shalat menunjukkan adanya pengaruh
positif peningkatan minat belajar terhadap hasil belajar siswa.
Kata kunci: The Power of Two, minat belajar.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.47736/tajdidukasi.v5i1.10

Article Metrics

Abstract view : 95 times
PDF - 512 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 TAJDIDUKASI



TAJDIDUKASI: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan

ISSN 1979-6943 (print) | 2614-1361 (online)
Organized by Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM DIY
Published by Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY
Website : https://www.tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi/index
Email : [email protected]

Creative Commons License
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi.

Visitor Statistic