PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DI SMK MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA

Dwikoranto Dwikoranto

Abstract


Abstrak
Kinerja guru dalam proses pembelajaran di SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta masih belum sesuai dengan yang diharapkan dalam hal persiapan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru dalam melaksanakan proses pembelajaran melalui supervisi akademik di SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dengan 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah 29 orang guru SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Adapun metode pengumpulan data menggunakan observasi dengan bantuan instrumen observasi tentang supervisi akademik dan penilaian kinerja guru. Analisis yang digunakan adalah analisis statistik sederhana (deskriptif). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa supervisi akademik dengan teknik supervisi individual (kunjungan kelas, observasi kelas dan pertemuan individu) dapat meningkatkan kinerja guru dalam proses pembelajaran di SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru pada siklus I rata-rata 78 kategori Cukup dan siklus II rata-rata 83 kategori Baik, dalam prosentase pada siklus I ada peningkatan 14,7% dan pada siklus II meningkat 6,41%

Full Text:

PDF

References


D e p a r t e m e n P e n d i d i k a n d a n Kebudayaan. 1998. Alat Penilaian Kemampuan Guru. Jakarta: Dirjen Pendidikan dasar dan Menengah.

Direktorat Pendidikan Menengah U m u m . 1 9 9 4 . P e t u n j u k Pelaksanaan Supervisi di Sekolah. Jakarta: Depdikbud

Gay, L.R. 2000. Education Research: Competences for Analysis and Application. New Jersey: PrenticeHall, Inc.

H.A.R. Tilaar. (1999), Manajemen Pendidikan Nasional, P.T. Remaja

Rosdakarya

Mulyasa, E. 2004. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung:

Remaja Rosdakarya

Oliva, P.F.1984. Supervision for Todays School. New York: Tomas J.

Crowell Company.

P u r w a n t o , M . N g a l i m . 2 0 0 4 . Administrasi dan Supervisi

Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Republik Indonesia. 2003. UndangUndang Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Sahertian, Piet. 1989. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan

dalam rangka Pengembangan Sumberdaya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Segiovanni, T. J. 1991. The Principals: A Reflective Practice Perspective. (2rd Ed) Boston Allyn and Bacon.

Sergiovani, T. J. 1971. Emerging Paterns Of Supervision: Human

Perspective.

New York: Mc Graw – Hill Book Company




DOI: http://dx.doi.org/10.47736/tajdidukasi.v7i2.100

Article Metrics

Abstract view : 255 times
PDF - 1040 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 TAJDIDUKASI



TAJDIDUKASI: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan

ISSN 1979-6943 (print) | 2614-1361 (online)
Organized by Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM DIY
Published by Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY
Website : https://www.tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi/index
Email : [email protected]

Creative Commons License
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi.

Visitor Statistic