PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN
Abstract
Pendidikan multikultural adalah pendidikan yang mengajarkan kepada anak didik tentang bagaimana menanamkan sikap saling menghormati, toleransi dan menghargai antara sesama dalam nuansa pluralisme. Pendidikan semacam ini diperlukan agar setiap perbedaan dapat dikelola dengan baik dan pada tahap selanjutnya tidak menimbulkan konflik yang dapat mengancam persatuan dan kesatuan bangsa. Bagaimanapun, nilai-nilai multikultural juga telah menjadi watak hakiki agama Islam. Hal ini terlihat jelas di pelbagai ajaran dalam al-Qur’an maupun Sunnah Nabi Muhammad s.a.w. yang tidak membedakan manusia pada bidang ilmu. Karena itu, penanaman nilai-nilai inti dari pendidikan multikultural, seperti: demokrasi, humanisme dan pluralisme atau nilai-nilai keberagamaan yang inklusif pada diri anak didik merupakan suatu tuntutan yang tidak dapat dihindarkan lagi.
Kata Kunci: Pendidikan Multikultural, Pluralisme, Toleransi dan Universalitas IslamFull Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.47736/tajdidukasi.v2i2.11
Article Metrics
Abstract view : 323 timesPDF - 908 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 TAJDIDUKASI
TAJDIDUKASI: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan
ISSN 1979-6943 (print) | 2614-1361 (online)
Organized by Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM DIY
Published by Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY
Website : https://www.tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi/index
Email : [email protected]
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi.