Menanamkan jiwa kepemimpinan dalam pembelajaran ekonomi

Enung Hasanah

Abstract


Indonesia saat ini sedang dilanda krisis moral dan kepemimpinan. Hal ini perlu diantisipasi dengan menanamkan jiwa kepemimpinan generasi muda, sebab setiap anak merupakan bibit bagi masa depan bangsa kita. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji: (1) Bagaimanakah cara menanamkan jiwa kepemimpinan pembelajaran ekonomi; (2) Jiwa kepemimpinan apa yang dapat ditanamkan melalui pembelajaran ekonomi? Hasil kajian menunjukan bahwa: (1) Cara menanamkan jiwa kepemimpinan peserta didik dalam pembelajaran ekonomi yaitu dengan memberikan berbagai kesempatan dan pilihan bagi peserta didik supaya memahami inti pembelajaran dan melatih mereka untuk dapat menyelesaikan masalah ekonomi di masyarakat. (2) Jiwa kepemimpinan yang dapat ditanamkan dalam pembelajaran ekonomi adalah kemampuan berpikir kritis, mengambil keputusan dan melatih kepercayaan diri.


Keywords


Pembelajaran Ekonomi; Jiwa kepemimpinan; Teacher; Young generation; Leadership

Full Text:

Fulltext PDF

References


Conger, J. A., & Kanungo, R. N. (1994). Charismatic leadership in organizations: Perceived behavioral attributes and their measurement. Journal of Organizational Behavior, 15(5), 439–452. https://doi.org/10.1002/job.4030150508

Doel, M., & Shardlow, S. M. (2005). Modern social work practice: Teaching and learning in practice settings. Ashgate Publishing, Ltd.

Ediger, M. (1997). Social studies and the middle school student. Journal of Instructional Psychology, 24(3), 188.

Ellis, A. K. (2010). Teaching and learning elementary social studies. Pearson/Allyn & Bacon.

Feiman-Nemser, S., & Buchmann, M. (2005). Knowing, thinking and doing in learning to teach: A research framework and some initial results. In Teacher Thinking & Professional Action (pp. 239–250). Routledge.

Handayani, T., & Rasyid, A. A. (2015). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, motivasi guru, dan budaya organisasi terhadap kinerja guru SMA Negeri Wonosobo. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(2), 264–277. https://doi.org/10.21831/amp.v3i2.6342

House, R. J., & Mitchell, T. R. (1975). Path-goal theory of leadership. Washington Univ Seattle Dept Of Psychology.

Keen, M., Brown, V. A., & Dyball, R. (2005). Social learning in environmental management: towards a sustainable future. Routledge.

McCauley, C. D., & Van Velsor, E. (2004). The center for creative leadership handbook of leadership development (Vol. 29). John Wiley & Sons.

Partin, R. L. (2009). Kiat nyaman mengajar di dalam kelas. Indeks.

Rahayuningsih, R. S., Fajaruddin, S., & Manggalasari, L. C. (2018). The implementation of total quality management in vocational high schools. Psychology, Evaluation, and Technology in Educational Research, 1(1), 31–40. https://doi.org/10.33292/petier.v1i1.20

Stevenson, N. (2006). Young person’s character education handbook. JIST life.

Sujana, D. (2000). Strategi pembelajaran dalam pendidikan luar sekolah. Bandung: Nusantara Press.

Voltz, D. L., Sims, M. J., & Nelson, B. (2010). Connecting teachers, students, and standards: Strategies for success in diverse and inclusive classrooms: strategies for success in diverse and inclusive classrooms. ASCD.

Widayanti, E. (2019). The implementation of problem based learning and jigsaw model learning to improve basic programming learning outcomes. International Journal of Education and Learning, 1(2), 89–97. https://doi.org/10.31763/ijele.v1i2.53




DOI: http://dx.doi.org/10.47736/tajdidukasi.v9i1.12

Article Metrics

Abstract view : 262 times
Fulltext PDF - 189 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 TAJDIDUKASI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

TAJDIDUKASI: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan

ISSN 1979-6943 (print) | 2614-1361 (online)
Organized by Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM DIY
Published by Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY
Website : https://www.tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi/index
Email : [email protected]

Creative Commons License
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi.

Visitor Statistic