PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAKAI BAJU ANAK CEREBRAL PALSY DENGAN MEDIA COMPACT DISK INTERAKTIF KELAS 2 SD DI SLB MUHAMMADIYAH GAMPING SLEMAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memakai baju anak cerebral palsy dengan
media compact disk interaktif kelas 2 SD di SLB Muhammadiyah Gamping. Penelitian tindakan
kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart melalui 2 siklus. Subyek dalam
penelitian ini adalah Mawar dan Melati. Mawar adalah anak tunagrahita ringan cerebral palsy dan
Melati adalah anak tunagrahita ringan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan
dokumentasi. Dari hasil analisis data dapat diketahui bahwa media compact disk interaktif dapat
meningkatkan kemampuan memakai baju anak cerebral palsy. Subyek Mawar saat tes kemampuan
awal 62% dan subyek Melati 70%. Hasil pasca tindakan siklus I yaitu subyek Mawar 63% dan
subyek Melati 74%. Subyek Mawar belum meningkat karena belum dapat mengancingkan baju
dan merapikan lengan baju sehingga memerlukan bimbingan dan pengulangan materi. Hasil pasca
tindakan siklus II yaitu subyek Mawar 73% dan Melati 78%. Dari siklus I dan siklus II peningkatan
kemampuan memakai baju karena bimbingan dan pengulangan materi compact disk interaktif.
Kata kunci : anak cerebral palsy, memakai baju, compact disk interaktif.
media compact disk interaktif kelas 2 SD di SLB Muhammadiyah Gamping. Penelitian tindakan
kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart melalui 2 siklus. Subyek dalam
penelitian ini adalah Mawar dan Melati. Mawar adalah anak tunagrahita ringan cerebral palsy dan
Melati adalah anak tunagrahita ringan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan
dokumentasi. Dari hasil analisis data dapat diketahui bahwa media compact disk interaktif dapat
meningkatkan kemampuan memakai baju anak cerebral palsy. Subyek Mawar saat tes kemampuan
awal 62% dan subyek Melati 70%. Hasil pasca tindakan siklus I yaitu subyek Mawar 63% dan
subyek Melati 74%. Subyek Mawar belum meningkat karena belum dapat mengancingkan baju
dan merapikan lengan baju sehingga memerlukan bimbingan dan pengulangan materi. Hasil pasca
tindakan siklus II yaitu subyek Mawar 73% dan Melati 78%. Dari siklus I dan siklus II peningkatan
kemampuan memakai baju karena bimbingan dan pengulangan materi compact disk interaktif.
Kata kunci : anak cerebral palsy, memakai baju, compact disk interaktif.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.47736/tajdidukasi.v5i1.2
Article Metrics
Abstract view : 166 timesPDF - 956 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 TAJDIDUKASI
TAJDIDUKASI: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan
ISSN 1979-6943 (print) | 2614-1361 (online)
Organized by Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM DIY
Published by Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY
Website : https://www.tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi/index
Email : [email protected]
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi.