METODE TUTORIAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS

Hery Nugroho

Abstract


AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode tutorial untuk meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas dan peningkatan kemampuan guru melaksanakan penelitian tindakan kelas di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan sekolah. Langkah-langkah penelitian tindakan sekolah direncanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklus memiliki empat tahap, yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) pengamatan dan 4) refleksi. Data penelitian ini dikumpulkan berdasarkan hasil penilaian guru ketika melaksanakan penelitian tindakan kelas dan pengamatan kegiatan guru mengikuti kegiatan tutorial. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menganalisis hasil penilaian guru melaksanakan penelitian tindakan kelas dan hasil pengamatan pelaksanaan metode tutorial dan pengamatan guru mengikuti tutorial.Hasil penelitian ini berhasil mendeskripsikan implementasi metode tutorial untuk meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas dengan metode tutorial di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Subjek penelitian  sebanyak 7 orang guru (100%) sudah menyelesaikan laporan penelitian tindakan kelasnya (melampui indikator keberhasilan 80%) dengan nilai minimal guru melaksanakan penelitian tindakan kelas sebesar 78,68 (melampui indikator keberhasilan 78) dan pada hasil observasi pelaksanaan tutorial telah berada dalam kualifikasi baik. Kata Kunci      : metode tutorial, penelitian tindakan kelas AbstractThis study aims to describe the implementation of tutorial method to improve the teacher's ability to carry out classroom action research and improve the teacher's ability to conduct classroom action research (CAR) at Muhammadiyah 3 Yogyakarta High School in the academic year 2017/2018.This study uses school action research. The steps of the research are planned in 2 cycles where each cycle has four stages: 1) planning, 2) implementation of actions, 3) observation and 4) reflection. The data of this study were collected based on the results of the teacher's assessment of conducting CAR and observation of tutorials on the teacher activities. The data analysis technique used was by analyzing the results of the teacher's assessment and observing the implementation of the tutorial method.The results of this study successfully describe the implementation of the tutorial method to improve the teacher's ability to carry out CAR using the tutorial method. Research subjects were 7 teachers (100%) had completed their CAR report (exceeding the 80% success indicator) with a minimum score of the teacher carrying out CAR of 78.68 (beyond the success indicator 78) and observing the implementation of the tutorial in good qualifications. Keywords: tutorial method, classroom action research

Full Text:

PDF

References


Agung, Iskandar. 2012. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bestari Buana Murni.

Aqib & Jaelani. 2012. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.Yogyakarta : Paramitra Publishing.

Asrori, M. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : CV Wacana Prima.

Depdiknas. 2003 Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Depdiknas. 2006. Undang-UndangNomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Direktorat Profesi Pendidik Dirjen PMPTK Depdiknas.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta

Elfanani, B. 2012. Panduan Menulis Karya Ilmiah Pengembangan Profesi Guru Untuk Kenaikan Pangkat.Yogyakarta : Araska.

Gintings, Abdorrakhman, 2008, Essensi Praktis Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Humaniora

Hamalik, O. 2003. Pengembangan Sumber Daya Manusia Manajemen Pelatihan Ketenagakerjaan Pendekatan Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa, H. E. 2010. Penelitian Tindakan Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Suwandi, Sarwiji. 2010. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Yuma Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.47736/tajdidukasi.v8i1.239

Article Metrics

Abstract view : 272 times
PDF - 233 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Hery Nugroho

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

TAJDIDUKASI: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan

ISSN 1979-6943 (print) | 2614-1361 (online)
Organized by Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM DIY
Published by Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY
Website : https://www.tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi/index
Email : [email protected]

Creative Commons License
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi.

Visitor Statistic