MENINGKATKAN TEAMWORK SKILLS MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL BERBASIS COOPERATIVE LEARNING

Nindiya Eka Safitri

Abstract


Pada umumnya laki-laki lebih mendominasi daripada perempuan. Akan tetapi, siswa laki-laki SMK Muhammadiyah Wonosari merupakan kelompok minoritas yang sepanjang proses pembelajaran cenderung lebih pasif meskipun sudah didorong guru untuk melakukan teamwork. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan teamwork skills siswa melalui layanan bimbingan klasikal berbasis cooperative learning pada 34 siswa kelas X Jasa Boga SMK Muhammadiyah Wonosari. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan 2 (dua) siklus dimana setiap siklus terdiri dari 2 (dua) pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan angket kemudian dianalisis dengan teknik statistik deskriptif berbasis komputer berbantuan Microsoft Excel 2013. Hasil penelitian pada pra tindakan menunjukkan bahwa siswa memiliki skor rata-rata 56,35 atau dalam kategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa siswa laki-laki dan sebagian siswa perempuan belum dapat berinteraksi, berkomunikasi dan menyelesaikan tugas kelompok dengan baik. Pada siklus I, skor rata-rata meningkat menjadi 65,32 atau kategori tinggi yang ditandai dengan perubahan pola komunikasi yang lebih intensif dan interaktif. Pada siklus II, skor rata-rata meningkat mencapai 68,08 atau berada dalam kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa siswa laki-laki dan perempuan mampu berinteraksi dan berkomunikasi secara aktif, bahkan berani mengungkapkan pendapat dan mempertahankan gagasannya secara kritis dan etis untuk menyelesaikan tugas kelompok.


Full Text:

PDF

References


Aleksander, P. J. E., Bell, B., Ployhart, R. E., Hollenbeck, J. R., & Ilgen, D. R. (2005). An evaluation of generic teamwork skill training with action teams: Effects on cognitive and skill-based outcomes. Retrieved (01 September 2016) from Cornell University, School of Industrial and Labor Relations site. http://digitalcommons.ilr.cornell.edu/articles/46/

Anjani, Dewi, dkk. (2017). Profil Keteramplan Kerjasama Dalam Kelompok Siswa Kelas I SMA Negeri 8 Surakarta Pada Materi Sistem Peredaran Darah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains II UKSW 2017 (p. 94-98)

Caraka, P. B., & Nindiya, E. S. (2015, October). Implementasi Permendikbud RI Nomor 111 Tahun 2014 Dalam Pengembangan Layanan BK di Sekolah Menengah. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling (pp. 55-61).

Chayati, I., Purwanti, S., & Nugraheni, M. (2016). Profil Teamwork Skill sebagai Gambaran Kemampuan Kompetitif Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22(1), (p. 46-54).

Conference Board. (2008). New Graduates’ Workforce Readiness: The Mid-Market

Perspective. (Research Report R-1413-08-RR), New York: The Conference

Board, 2008.

Departemen Agama RI. (2004). Al-Qur’an dan Terjemahannya. Bandung: Jumanatul ‘Ali-ART

Departmen of Education. (2006). Employability Skills. Victoria, Australia: Department of Education.

Eko Widiyatno. (2012). Indeks Prestasi Bukan Penentu Kesuksesan. Republika 17 Maret 2012, (p. 8)

Hidayat, Dede Rahmat. (2012). Penelitian Tindakan dalam Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Indeks

Isjoni. (2011). Cooperative Learning.Bandung: Alfabeta

Kaswan. (2013). Leadership and Teamworking: Membangun Tim yang Efektif dan Berkinerja Tinggi melalui Kepemimpinan. Bandung: Alfabeta

Kemendikbud. (2017). Teaching Factory. Materi Powerpoint, dipresentasikan dalam Workshop Pengembangan Teaching Factory SMK Muhammadiyah Wonosari pada 13-14 Oktober 2017.

Kemendikbud. (2013). Modul Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jakarta: Dirjen GTK, Kemendikbud.

Lakoy, Amanda Carolina. (2015). Pengaruh Komunikasi, Kerjasama Kelomok, dan Kreativitas Terhdap Kinerja Karyawan Pada Hotel Aryaduta Manado. Jurnal EMBA, Vol. 3, No. 3, September 2015 (p. 981-991).

Lawasi, Eva Lawasi & Bode Triatmanto. (2017). Pengaruh Komunikasi, Motivasi dan Kerjasama Tim Terhdap Peningkatan Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol. 5, No. 1, 2017 (p. 47-57)

Marpaung, Marudut. (2014). Pengaruh Kepemimpinan dan Teamwork Terhadap Kinerja Karyawan di Koperasi Sekjen Kemendikbud Senayan Jakarta. Jurnal Ilmiah WIDYA, Volume 2, Nomor 1, Maret-April 2014 (p. 33-40)

Nurnawati, Enis, dkk. (2012). Peningkatan Kerjasama Siswa SMP Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Think Pair Share. Unnes Physics Education Journal, UPEJ (1) (2012) (p. 1-7)

Paizaluddin & Ermalinda. (2014). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Bandung: Alfabeta.

Panggiki, Agatha Cristine, dkk. (2017). Pengaruh Kompensai, Kerjasam Tim dan Kepuasan Kerja Terhdap Kinerja Karyawan Pada Ajb Bumiputera 1912 Cabang Sam Ratulangi. Jurnal EMBA, Vol. 5, No. 2, September 2017 (p. 3018-3027)

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomo 111 Tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling Pada Pendidikan Dasar dan Menengah.

Purwanto, S. 2008. Paket Mentor Memimpin Tim. Jakarta: Esensi.

Robinson, Jacquelyn P. (2000). What Are Employability Skills?. Albama Cooperative Extension System, Vol. 1, Issue 3, September, 2000 (p. 1-3)

Rosita, Ita & Leonard. (2013). Meningkatan Kerjasama Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Jurnal Formatif Vol. 3, No. 1, Universitas Indraprasta PGRI

Sanjaya, Wina. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses

Pendidikan. Jakarta: Kencana

Setiyanti, Sri Wiranyi. (2012). Jurnal STIE Semarang, Vol. 4, No. 3, Edisi Oktober 2012 (p. 59-65)

Simanungkalit, D. R. (2013). Analisis Hubungan Kerjasama Tim Untuk Meningkatkan Efisiensi Kerja Pada PT Mitha Samudera Wijaya Medan. Jurnal Media Informasi Manajemen, Vol.1, No. 4.

Sudjimat, D.A. (2017). Employability skills of vocational high school graduate needed by industry in century XXI. In AIP Conference Proceedings (Vol. 1887, No. 1, p. 020046). AIP Publishing.

Sugiarto, Tommy. (2017). Evaluasi Proses Kerjasama Tim Dalam Bisnis Timika. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, Volume 2, Nomor 1, April 2017 (p. 62-67)

Suharsimi Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukardi, Th. (2011). Peranan Bimbingan Kejuruan Terhadap Pembentukan Karakter Kerja Siswa di Jurusan Mesin SMK N 2 Wonosari. Jurnal Cakrawala Pendidikan, Mei 2011, Th. Sukardi, Edisi Khusus Dies Natalis UNY (p. 167-177)

Suyadi. (2013). Panduan Guru Profesional Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS), Yogyakarta: Andi Ofset

Tim Maxi Plus. (2007).Teamwork Games: Cara Menyenangkan Membangun Tim Impian. Bandung: Progessio.

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif‐Progresif. Jakarta: Kencana

Utaminingsih, Sri. (2011) Model Manajemen Pengembangan Soft Skills SMK Program Keahlian Pariwisata. Jurnal Ekplanasi Volume 6 Nomor 2, Edisi September 2011 (p. 169-183)

Warsihan. (2005). Modul Pelatihan Budaya Kerja dan Kerjasama Tim. Jakarta: Pusat Teknologi Informasik dan Komunikasi Pendidikan, Kemendikbud.

Wulandari, Bekti, dkk. (2015). Peningkatan Kemampuan dalam Tim Melalui Pembelajaran Berbasis Lesson Study. Journal Electronics and Vocational Education (ELINVO), Volume 1, Nomor 1, November 2015 (p. 9-16)

Yahya, Muhammad, et.al. (2017) Technical Skills and Employability Skills of Vocational High School Student in Indonesia. Journal of Scientific Research and Studies, Vol. 4(6), Juni 2017 (p. 148-155)




DOI: http://dx.doi.org/10.47736/tajdidukasi.v8i1.243

Article Metrics

Abstract view : 502 times
PDF - 517 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Nindiya Eka Safitri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

TAJDIDUKASI: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan

ISSN 1979-6943 (print) | 2614-1361 (online)
Organized by Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM DIY
Published by Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY
Website : https://www.tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi/index
Email : tajdidukasi@gmail.com

Creative Commons License
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi.

Visitor Statistic