PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PELAJARAN EKONOMI

RAHAYU SARAS WATI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil santri dalam belajar ekonomi dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan kuesioner  sebanyak 29 santri putra kelas 11 IPS. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan motivasi belajar ekonomi  santri dibuktikan dengan adanya peningkatan prosentase dari siklus I sebesar 49,78% menjadi 78,77% pada siklus II kenaikan tersebut karenakan santri tekun menghadapi tugas, lebih aktif dalam pemecahan masalah, minat terhadap pelajaran tinggi, aktif bertanya dan berargumen, dan ada keinginan berhasil. Dari evaluasi hasil belajar siklus 1 rata-rata nilai berada pada range 71-73 sebesar 28%, pada siklus kedua terjadi peningkatan menjadi 74-80 sebesar 41%. Hasil ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Teknik TPS menjadikan kegiatan belajar mengajar menjadi lebih menyenangkan.

 

Abstrac

The aim of this study is to improve students' motivation and learning outcomes of economics subject by applying Think Pair Share (TPS) learning models. Data collecting technique used Observation and questionnaires to 29 students of eleventh grade majoring in social study program. From the results of the study, it can be concluded that the Think Pair Share (TPS) cooperative learning method can improve students’ learning motivation of economics subject as evidenced by an increase in the percentage of the first cycle of 49.78% to 78.77% in the second cycle increase because it can be seen that students face diligent work, more active in problem solving, high interest in learning, actively asking questions and arguing, and willing to success. From the evaluation of learning outcomes of cycle 1, the average score is in the range of 71-73 by 28%, in the second cycle there is an increase to 74-80 by 41%. It can be concluded that learning economics used Cooperative Learning Methods TPS Techniques teaching and learning activities became more enjoyable.

 


Full Text:

PDF

References


Amelia, K. R. (2016). Using think-pair-share-strategy to improve vocabulary and reading comprehension achievements of eighth grade students. Journal of English Literacy Education, 3(2), 148–156.

Chatarina, A. (2006). Psikologi Belajar. Semarang: UPT UNNES Pres.

Dimyati, & Mudjiono. (1999). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rinek Cipa dan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Ida, F., & Suarni. (2016). Model Pembelajaran Kooperatif Dan Implikasinya Pada Pemahaman Belajar Sains Di SD/MI (Studi PTK di Kelas III MIN 3 WatesLiwa Lampung Barat). Terampil : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 3, 301–322.

Jasdilla, L., Kuswendi, U., & Ramdhani, S. (2017). Hasil Belajar Dan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps). JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 96–105. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9253

Johnson, E. . (2007). Contxtual Teaching and Larning: Mejadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikan dan Bermakna. Bandung: Mizan Learning Center.

Rewa, Z. S., & Said, I. (2014). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbasis Media Komputasi Pada Materi Struktur Atom Kelas X MAN Biau, 3(August), 150–157.

Safitri, K. L., & Ningrum. (2016). Pengaruh Penggunaan Cooperative Learning Tipe Think-Pair-Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan Siswa Kelas X Semester Genap SMK Kartikatama 1 Metro. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1), 21–34. Retrieved from http://ojs.fkip.ummetro.ac.id

Sanjaya, W. (2010a). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sanjaya, W. (2010b). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Sayuga, M. R. (2014). Penerapanmetode Pembelajaran Kooperatif Teknik Think Pair Share (Tps) Berbantuanmedia Kartu Berpasangan Untukmeningkatkanmotivasi Belajar Akuntansi Siswakelas Xi Ips 3Man Yogyakarta Ii Tahun Ajaran 2013/2014.

Sri, R. R., & Harini, E. (2014). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share ( TPS ) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Siswa Kelas X SMA NEGERI 1 Pengasih Kulon Progo Tahun Pelajaran 2013 / 2014, 2(3), 249–256.

Suharsimi, A. (2017). Pengembangan instrumen penelitian dan penilaian program. yogyakarta: pustaka pelajar.

Surayya, L., Subagia, I. W., & Tika, I. N. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4, 1–11. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/122468-ID-pengaruh-model-pembelajaran-think-pair-s.pdf

Suyadi. (2013). Panduan Guru Profesional Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Tindakan Sekolah (PTS). Yogyakarta: Andi Ofset.

Thayyibandhi, T., & Sudianto, M. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Tema Ekonomi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Siswa Kelas III SDN Ngulanan 2 Bojonegoro. PGSD2, 2, 1–10.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Wardana, L. W., & Edoh. (2017). Implementation Of Collaborative Learning Model Thinking Pair Share ( TPS ) And Arias To Improve Student Learning Results In Entrepreneurship Subjects. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 7(7), 435–444. https://doi.org/10.6007/IJARBSS/v7-i7/3112




DOI: http://dx.doi.org/10.47736/tajdidukasi.v8i2.249

Article Metrics

Abstract view : 977 times
PDF - 448 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 RAHAYU SARAS WATI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

TAJDIDUKASI: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan

ISSN 1979-6943 (print) | 2614-1361 (online)
Organized by Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM DIY
Published by Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY
Website : https://www.tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi/index
Email : [email protected]

Creative Commons License
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi.

Visitor Statistic