PENINGKATAN MINAT BERWIRAUSAHA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT (TGT)

Yusron Ardi Darmawan

Abstract


 

Abstrak

Penelitian ini berjudul: “Peningkatan Minat Berwirausaha Siswa Melalui Pembelajaran Team Game Tournament (TGT)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Team Game Tournament dalam pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan untuk peningkatan minat berwirausaha siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan (action research) yang menggambarkan bagaimana suatu metode dan media diterapkan dalam pembelajaran dan mendeskripsikan capaian secara maksimal. Prosedur tindakan dilakukan dalam dua siklus,  setiap siklus dilakukan dalam satu kali pertemuan. Adapun langkah-langkahnya adalah: Merencanakan, melaksanakan, mengobservasi, dan merefleksi tindakan dari siklus yang telah berlangsung. Hasil penelitiannya adalah rata-rata nilai siswa mengalami peningkatan dari siklus pertama sebesar 82,29, menjadi 85,52 pada siklus kedua. Peningkatan ini didukung dengan hasil angket bahwa pada siklus kedua terjadi peningkatan jumlah prosentase siswa yang menyatakan setuju dan sangat setuju terhadap pernyataan positif tentang minat berwirausaha. Artinya, mulai ada peningkatan minat atau ketertarikan untuk berwirausaha siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Kota Yogyakarta tahun ajaran 2017 / 2018.

Kata Kunci : Team Game Tournament, Pembelajaran, Prakarya dan Kewirausahaan


Full Text:

PDF

References


Agatha Dita Kristsada. (2010). Menumbuhkan Minat Belajar Anak. Yogyakarta: Tiara Wacana

Amir Hamzah Nasution. (2003). Enterpreneurship: from Mindset to Strategy Edisi Keempat. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia

Arikunto, Suharsimi.(2008). Penelitian tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Budi Wahyono. (2013). “Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan terhadap Niat Berwirausaha Siswa SMK N 1 Pedan Tahun 2013.” Tesis. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Buchari Alma. (2004). Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.

Evinta Singgih. (2006). Menumbuhkan Minat Belajar Siswa. Jakarta: PT RAJA GRAFINDO PERSADA

H. Djaali. (2008). Buku Ajar Kewirausahaan-1. Jakarta: Lembaga Kajian dan Pengembangan Pendidikan

Ida Yulianti. (2013). “Pengaruh Mata Pelajaran Kewirausahaan dan Motivasi Siswa terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI Di SMK Muhammadiyah Salaman Kabupaten Magelang”. Jurnal. Universitas Muhammadiyah Purworejo

Jamal Ma’mur Asmani. (2011). Sekolah Entrepreneur. Yogyakarta: Harmoni

Kasmir. (2006). Kewirausahaan. Jakarta: PT RAJA GRAFINDO PERSADA

Maman S. (2006). Pendidikan Wiraswasta. Jakarta: Sinar Grafika Offset.

Nur dan Wikandari. 2000. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT. http://www.google.com/2017/12/ Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT.html (diunduh tanggal 5 Desember 2017)

Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. (2004). Kewirausahaan Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menuju Sukses Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat.

Sardiman. (2001). Menggeluti Dunia Belajar Inovatif. Yogyakarta: Gava Media

Slavin, Robert. 2008. Cooperative Learning Theory, Research and Practise. Allyn and Bacon Publisher. Boston

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: CV ALFABETA

Tim Penulis Naskah Kewirausahaan. (2010). Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

Winkel. (2004). Pengembangan Sikap Entrepreneurship dan Intrapreneurship. Jakarta: PT INDEKS




DOI: http://dx.doi.org/10.47736/tajdidukasi.v8i2.255

Article Metrics

Abstract view : 415 times
PDF - 308 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Yusron Ardi Darmawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

TAJDIDUKASI: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan

ISSN 1979-6943 (print) | 2614-1361 (online)
Organized by Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM DIY
Published by Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY
Website : https://www.tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi/index
Email : [email protected]

Creative Commons License
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi.

Visitor Statistic