Peningkatan hasil belajar siswa kelas VII dengan strategi quantum learning dalam mempelajari IPA materi klasifikasi makhluk hidup melalui penamaan jenis tumbuhan di sekitar madrasah

Nur Sita Hamzati

Abstract


Materi klasifikasi makhluk hidup pada mata pelajaran IPA mengkaji tentang tata nama ilmiah keanekaragaman jenis makhluk hidup. Nama latin menjadi kendala dalam pemahaman siswa karena sulitnya pelafadzan. Sehingga perlu adanya inovasi model pembelajaran agar terjadi proses pembelajaran yang menyenangkan. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mempelajari materi klasifikasi makhluk hidup dengan menggunakan strategi Quantum Learning. Strategi ini menjadikan siswa lebih aktif, karena proses pembelajaran dilakukan dengan santai dan menyenangkan. Pemberian nama atau label pada jenis tumbuhan di lingkungan madrasah merupakan metode penelitian sederhana yang dilakukan oleh siswa dan secara langsung. Sehingga dapat membantu siswa dalam menghafal dan mempelajari keanekaragaman. Hasil belajar siswa mengalami kenaikan persentase capaian KKM dari siklus 1 sebesar 14% menjadi 62% pada siklus 2. Meskipun belum mencapai standar ketuntasan individual dan klasikal, namun hasil belajar siswa rata-rata meningkat sebesar 95%.

Keywords


Hasil belajar siswa; Quantum learning; Klasifikasi makhluk hidup; Jenis tumbuhan

Full Text:

Fulltext PDF

References


Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan bagi anak berkesulitan belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

MacIsaac, D. (1995). An introduction to action research. http://physicsed.buffalostate.edu/danowner/actionrsch.html

O’Brien, R. (1998). An overview of the methodological approach of action research. http://web.net/~robrien/papers/xx ar final.htm

Purba, G. O. M. S. (2009). Gambaran penerapan quantum learning pada Mahasiswa Psikologi Universitas Sumatera Utara. Universitas Sumatra Utara.

Purwanto, M. N., Rifa’i, A., & Anni, C. T. (2009). Psikologi pendidikan. In Remaja Rosdakarya. PT Remaja Rosdakarya.

Syah, M. (2013). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. PT Remaja Rosdakarya.

Widayati, S. (2016). Upaya meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan alam materi klasifikasi makhluk hidup melalui metode problem based learning (PBL) pada siswa kelas VII-F UPTD SMP Negeri 1 Rejotangan Tulungagung.




DOI: http://dx.doi.org/10.47736/tajdidukasi.v9i1.26

Article Metrics

Abstract view : 186 times
Fulltext PDF - 190 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 TAJDIDUKASI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

TAJDIDUKASI: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan

ISSN 1979-6943 (print) | 2614-1361 (online)
Organized by Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM DIY
Published by Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY
Website : https://www.tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi/index
Email : [email protected]

Creative Commons License
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi.

Visitor Statistic