PENINGKATAN MINAT BELAJAR FISIKA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCE BAGI PESERTA DIDIK SMK
Abstract
Peserta didik SMK Muhammadiyah Wonosari memiliki minat belajar fisika yang tergolong rendah. Hal ini disebabkan oleh anggapan siswa sendiri yang memandang fisika hanya berisi rumus yang sulit dipahami dan membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar fisika melalui pembelajaran berbasis Multiple Intelligence pada peserta didik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis McTaggart yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Proses pembelajaran fisika disesuaikan dengan 8 kecerdasan menurut Gardner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada tahap pratindakan 62% peserta didik kurang berminat, karena pembelajaran fisika hanya mengedepankan kecerdasan matematika-logika. Pada siklus I minat peserta didik meningkat 20% ketika pembelajaran fisika menggunakan 8 jenis kecerdasan, sehingga bisa diikuti lebih banyak peserta didik. Pada siklus II minat belajar peserta didik meningkat 38% ketika pembelajaran lebih megendepankan kecerdasan naturalis sehingga 96% peserta didik berminat belajar fisika.
Full Text:
PDFReferences
Amir, A. (2013). Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences), I(01), 1–14. Retrieved from http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/LGR/article/view/196/177
Chatib, M. (2010). Sekolahnya Manusia: Sekolah Berbasis Multiple Intelligences di Indonesia. Bandung: Kaifa
Dimyati & Mudjiono. (2006) Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta
Djamarah, S.B. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta
Firdaus, H.K. (2017) Penerapan Strategi Pembelajaran Multiple Intellingences dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fiqh Kelas VIII Di MTs Darul Ulum Kaliasin Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan. UIN Raden Intan Lampung. Retrieved from http://repository.radenintan.ac.id/1159/1/Skripsi_Firdaus.pdf
Hamzah, A. (2009). Teori Multiple Intelligences dan Implikasinya terhadap Pengelolaan Pembelajaran. Tadris, 4(2), 1–11. Retrieved from http://ejournal.stainpamekasan.ac.id/index.php/tadris/article/view/256/247
Jasmine, J. (2007). Panduan Praktis Mengajar Berbasis Kecerdasan Majemuk. Bandung: Nuansa
Keputusan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah tentang Struktur Kurikulum Pendidikan Menengah Kejuruan Tahun 2017
Mundilarto.(2010). Penilaian Hasil Belajar Fisika. Yogyakarta: Pusat Pengembangan Instruktional Sains
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 135–142. Retrieved from http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/download/3264/2338
Pee S. et. al. (2002). Brestfeeding And Complementary Feending Practices In Indonesia Annual Report. Jakarta: Helen Keller Worldwide
Permendikbud No 330 Tahun 2017 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah
Rusmiati. (2017). Pengaruh Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Ekonomi Siswa Ma Al Fattah Sumbermulyo. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 1(1), 21–36.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sanubari, F. (2017). Pengaruh Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Negeri 1 Jonggo. UIN Syarif Hidayatullah
Solikhah, Maaratus dkk. (2015). Pengaruh Pembelajaran berbasis Multiple Intelligences terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SDN Brayublandong Mojokerto, 4(2), 141–152. Retrieved from http://ojs.umsida.ac.id/index.php/pedagogia/article/view/17/89
SK Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah No. 130/D/KEP/KR/2017 tentang Sktruktur Kurikulum Pendidikan Menengah Kejuruan
Suparno. (2008). Teori Integensi Ganda dan Aplikasinya di Sekolah: Cara Menerapkan Teori Multiple Intelegence Howard Garner. Yogyakarta: Kanisius
Susanta, S.F. (2016) Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences dan Dampaknya Terhadap Prestasi Belajar Pai Siswa Kelas III SD Islam Al Azhar 38 Bantul. UIN Sunan Kalijaga. Retrieved from http://digilib.uin-suka.ac.id/21674/2/11410103_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
Suyadi. (2013). Panduan Guru Professional Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Tindakan Sekolah (PTS). Yogyakarta: Andi Ofset
Syah, M. (2001). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Usman, A. (2006). Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta : Bumi Aksara
Ula, S.S. (2013). Revolusi Belajar. Bandung: Ar-Ruzz Media
Uno, Hamzah B, dkk. (2011). Mengelola Kecerdasan Dalam Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
DOI: http://dx.doi.org/10.47736/tajdidukasi.v8i1.260
Article Metrics
Abstract view : 628 timesPDF - 398 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Tanti Kurniah Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
TAJDIDUKASI: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan
ISSN 1979-6943 (print) | 2614-1361 (online)
Organized by Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM DIY
Published by Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY
Website : https://www.tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi/index
Email : [email protected]
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi.