Peningkatan hasil belajar dan jiwa kompetitif siswa SMK menggunakan team game tournament

Dyah Ayu Anggraeni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan jiwa kompetitif dan hasil belajar pada mata pelajaran kewirausahaan dengan mengimplementasikan model pembelajaran Team GeamTournament (TGT) bagi peserta didik kelas X TKR 3 SMK Muhammadiyah 1 Sleman. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model TGT. Terjadi peningkatan hasilbelajarpeserta didik setelah diimplementasikan model pembelajaran TGT,rata-rata nilai untuk siklus 1 adalah 46,sedangkan rata-rata nilai siklus 2 adalah 56,79 dan rata-rata nilai untuk siklus 3 sudah mencapai 75,59. Pada siklus 1 hanya satu peserta didik yang nilainya mencapai KKM sedangkan di siklus 2 mengalami peningkatan jumlah peserta didik yang nilainya mencapai KKM sebanyak 3 peserta didik. Pada siklus 3 sebanyak 19 peserta didik, sehingga ada 10 orang peserta didik yang belum dapat mencapai KKM. Selain pada hal hasil belajar, hasil penelitian ini juga menjelaskan bahwa adanya kenaikan jiwa kompetitif peserta didik yaitu adanya persaingan yang sehat untuk mendapatkan skor dan nilai tertinggi di kelas. Selain itu peserta didik juga memiliki motivasi untuk belajar dan bersaing dikelas

Keywords


Hasil belajar; Jiwa Kompetitif; Team Game Tournament

Full Text:

Fulltext PDF

References


Fahruddin, F., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar kognitif ditinjau dari kemampuan akademik mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 2(1). https://doi.org/10.29303/jppipa.v2i1.27

Lastariwati, B. (2012). Pentingnya kelas kewirausahaan pada SMK pariwisata. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(1). https://doi.org/10.21831/jpv.v2i1.1018

Lie, A. (2008). Cooperative learning. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Nurwidia, A., Haryanto, S., & Mulyoto, M. (2019). Keefektifan teams games tournament dan make a macth dalam meningkatkan hasil belajar matematika. Annals of Mathematical Modeling, 1(1), 8–15. https://doi.org/10.33292/amm.v1i1.29

Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, Pub. L. No. 20, Undang-Undang Republik Indonesia 26 (2003).

van Wyk, M. M. (2011). The effects of teams-games-tournaments on achievement, retention, and attitudes of economics education students. Journal of Social Science, 26(3), 183–193. http://www.krepublishers.com/02-Journals/JSS/JSS-26-0-000-11-Web/JSS-26-3-000-11-Abst-PDF/JSS-26-3-183-11-1132-Van-Wyk-M-M/JSS-26-3-183-11-1132-Van-Wyk -M-M-Tt.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.47736/tajdidukasi.v9i2.28

Article Metrics

Abstract view : 97 times
Fulltext PDF - 75 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 TAJDIDUKASI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

TAJDIDUKASI: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan

ISSN 1979-6943 (print) | 2614-1361 (online)
Organized by Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM DIY
Published by Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY
Website : https://www.tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi/index
Email : tajdidukasi@gmail.com

Creative Commons License
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi.

Visitor Statistic