METODE SMALL GROUP DISCUSSION UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MEMBACA TEKS HORTATORY EXPOSITION

Utami Soifah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran Small Group Discussion (SGD) untuk meningkatkan kompetensi membaca. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan observasi; tes untuk mengukur kemampuan siswa dalam membaca sedangkan lembar observasi bertujuan mengamati aktifitas guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan SGD dapat meningkatkan kompetensi membaca. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan jumlah siswa yang mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Pada siklus I ada 55.6% siswa yang tuntas dan pada siklus II meningkat menjadi 77.8%. Kompetensi membaca siswa mengalami peningkatan ketika siswa saling bertukar pendapat dan informasi terhadap bacaan pada materi teks Hortatory Exposition.  Penelitian ini juga menemukan ada keuntungan dan kelebihan dalam penerapan SGD.


Full Text:

PDF

References


Ahmad, Cecep. (2013). The Effectiveness of Small Group Discussion Technique in Teaching Reading. Skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Pendidikan Indonesia

Asrori, Mohammad. 2007. Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima

Christiani, Ari. 2014. “Penerapan metode Small Group Discussion dengan Model Cooperative Learning untuk meningkatkan Hasil Belajar siswa di Sekolah Dasar”. Jurnal PGSD. Vol.02 No.02 Tahun 2014

Hakim, Abdullah (2014). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Metode CIRC bagi Siswa Kelas V SD Negeri Temanggal, Kalasan tahun Pelajaran 2013/ 2014. Skripsi Jurusan Pendidikan Pra Sekolah dan Sekolah Dasar. Universitas Negeri Yogyakarta

Hasibuan dan Moedjiono. (2000). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Isfirochah, Siti (2012). Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Melalui pembelajaran Small Group Discussion Pokok Bahasan Kisah sahabat Rosul pada Siswa Kelas V di SDn Soroyudan Kecamatan Mertoyudan Kab. Magelang Tahun pelajaran 2011/ 2012. Skripsi Jurusan Tarbiyah. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Salatiga

Ismail SM. (2008). Strategi Pembelajaran Agama Islam berbasis PAIKEM. Semarang: RaSail Media Group.

Kemdikbud RI. (2017). Panduan Pengembangan Pembelajaran Aktif. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA.

Kementerian Pendidikan dan Pebudayaan.(2013). Pedoman Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: BPSDMPK-PMP

Sudjana, Nana. (2005) Penilaian Hasil Proses Belajar. Bandung: Rosdakarya.

Pardjono,dkk (2007). Panduan PENELITIAN TINDAKAN KELAS. Yogyakarta: Lembaga Penelitian UNY

Purwanti, Siwi. 2007. “Metode Small Group Discussion dapat Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Mahasiswa PGSD UAD pada Materi sains Dasar.” Jurnal Dialektika Jurusan PGSD.Vol. 7 No.1 Maret 2017

Samsu Somadayo. (2011). Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Siswanti, Fibrina hanung (2012) The Use of Small Group Discussion to Improve reading Comprehension. Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Universitas Sebelas Maret

St. Y. Slamet. (2008). Dasar-dasar keterampilan berbahasa indonesia. Surakarta: UNS Press

Suharsimi Arikunto. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Tarigan, Henry Guntur.(1986). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Bahasa. Bandung: Percetakan Angkasa

Tarigan, Henry Guntur.(2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Bahasa. Bandung: Percetakan Angkasa

Taufik Nugroho,dkk. (2016). Modul Guru Pembelajar Mata Pelajaran Bahasa Inggris SMA/SMK Kelompok Kompetensi Profesional I. Jakarta: Dirjen GTK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Wahyu Stiyoningsih. (2016).Penerapan Metode Small Group Discussion (SGD) sebagai Peningkatan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab Studi Eksperimen Pembelajaran Kalam Kelas VIII di MTs Negeri Gombong Tahun 2015/2016. Skripsi Jurusan Fakultas ilmu Tarbiyah dan Pendidikan, UIN Sunan Kalijaga




DOI: http://dx.doi.org/10.47736/tajdidukasi.v8i2.284

Article Metrics

Abstract view : 1937 times
PDF - 1277 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Utami Soifah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

TAJDIDUKASI: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan

ISSN 1979-6943 (print) | 2614-1361 (online)
Organized by Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM DIY
Published by Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY
Website : https://www.tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi/index
Email : [email protected]

Creative Commons License
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi.

Visitor Statistic