PEMBELAJARAN ACTIVE READING BERBANTUAN KAMUS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MEMBACA TEKS HORTATORY EXPOSITION

Luluk Maftuhah Ahmad

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman membaca teks Hortatory Exposition pada pelajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan pembelajaran active reading berbantuan kamus. Penelitian Tindakan Kelas atau classroom action research ini meliputi (1) perencanaan (planning), (2) tindakan (action), (3) observasi (observing), dan (4) refleksi (reflection). Penelitian ini menerapkan dua siklus. Setiap siklus yang diterapkan pada proses pembelajaran mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Instrumen penelitian ini adalah lembar angket, observasi, dokumentasi, dan tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Secara keseluruhan menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran active reading berbantuan kamus untuk meningkatkan pemahaman membaca teks Hortatory Exposition mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I  yang mencapai ketuntasan 9 orang  dengan prosentase 27,27,%. Sedangkan siklus II yang mencapai ketuntasan 24 orang dengan prosentase 81,81%. Maka disimpulkan bahwa pembelajaran active reading berbantuan kamus  dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman membaca teks hortatory exposition pada peserta didik kelas XI IPS 3 SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta.


Full Text:

PDF

References


Sanjaya. 2015. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia group.

Suwarsih Madya. (2007). Panduan Penelitian Tindakan. Yogyakarta: Lembaga Penelitian FKIP IKIP Yogyakarta.

Nana Sudjana.(2005). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ngalim Purwanto. 1994. Prinsip-prinsip dan Teknik evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hamalik, Oemar. 2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta:Bumi Aksara.

Sudjana, Nana. 2009. Dasar-dasar Proses BelajarMengajar. Bandung: PT Sinar Baru Algensindo.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Surabaya: Pustaka Pelajar.

Uno, Hamzah B. dan Mohamad, Nurdin. (2011). Belajar dengan Pendekatan PAIKEM. Jakarta: Bumi Aksara.

Kemdikbud RI. (2017). Panduan Pengembangan Pembelajaran Aktif. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA.

Kunandar. 2010. Guru Profesional. Jakarta: Rajawali Press.

Arikunto, Suharsimi. 2007. Manajemen penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Suyadi. 2013. Panduan Guru Profesional Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Tindakan Sekolah (PTS). Yogyakarta: Andi Offset

Soemitro, Ronny Hanitiji. 1985. Metodologi Penelitian Hukum. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Alder, Motimerdkk. 2007. How to Read a Book Cara Jitu Mencapai Puncak Tujuan Membaca.Bandung: Indonesia Publishing.

Mulyasa, E. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mariolina Salvatori. 2017, artikel berjudul "The Role of Active reading in Interpreting and Writing about the Text" Artikel dalam situs (http://www.westga.edu)

http://aquariusnote.com/apa-itu-membaca-secara-aktif-dan-bagaimana-melakukannya/, diakses pada 12 Oktober 17 pada pukul 11.52

https://ian43,wordpress.com/2010/12/17/pengertian pemahaman/

active_reading_strategies.pdf For additional Resources, Handouts, and Advice visit McGraw's Learning Library.

archive.lbcc.edu/astarros/documents/active reading.pp.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.47736/tajdidukasi.v8i1.287

Article Metrics

Abstract view : 268 times
PDF - 235 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Luluk Maftuhah Ahmad

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

TAJDIDUKASI: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan

ISSN 1979-6943 (print) | 2614-1361 (online)
Organized by Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM DIY
Published by Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY
Website : https://www.tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi/index
Email : [email protected]

Creative Commons License
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi.

Visitor Statistic