PEMBELAJARAN ACTIVE READING BERBANTUAN KAMUS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MEMBACA TEKS HORTATORY EXPOSITION
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman membaca teks Hortatory Exposition pada pelajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan pembelajaran active reading berbantuan kamus. Penelitian Tindakan Kelas atau classroom action research ini meliputi (1) perencanaan (planning), (2) tindakan (action), (3) observasi (observing), dan (4) refleksi (reflection). Penelitian ini menerapkan dua siklus. Setiap siklus yang diterapkan pada proses pembelajaran mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Instrumen penelitian ini adalah lembar angket, observasi, dokumentasi, dan tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Secara keseluruhan menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran active reading berbantuan kamus untuk meningkatkan pemahaman membaca teks Hortatory Exposition mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I yang mencapai ketuntasan 9 orang dengan prosentase 27,27,%. Sedangkan siklus II yang mencapai ketuntasan 24 orang dengan prosentase 81,81%. Maka disimpulkan bahwa pembelajaran active reading berbantuan kamus dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman membaca teks hortatory exposition pada peserta didik kelas XI IPS 3 SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta.
Full Text:
PDFReferences
Sanjaya. 2015. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia group.
Suwarsih Madya. (2007). Panduan Penelitian Tindakan. Yogyakarta: Lembaga Penelitian FKIP IKIP Yogyakarta.
Nana Sudjana.(2005). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ngalim Purwanto. 1994. Prinsip-prinsip dan Teknik evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hamalik, Oemar. 2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta:Bumi Aksara.
Sudjana, Nana. 2009. Dasar-dasar Proses BelajarMengajar. Bandung: PT Sinar Baru Algensindo.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Surabaya: Pustaka Pelajar.
Uno, Hamzah B. dan Mohamad, Nurdin. (2011). Belajar dengan Pendekatan PAIKEM. Jakarta: Bumi Aksara.
Kemdikbud RI. (2017). Panduan Pengembangan Pembelajaran Aktif. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA.
Kunandar. 2010. Guru Profesional. Jakarta: Rajawali Press.
Arikunto, Suharsimi. 2007. Manajemen penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Suyadi. 2013. Panduan Guru Profesional Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Tindakan Sekolah (PTS). Yogyakarta: Andi Offset
Soemitro, Ronny Hanitiji. 1985. Metodologi Penelitian Hukum. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Alder, Motimerdkk. 2007. How to Read a Book Cara Jitu Mencapai Puncak Tujuan Membaca.Bandung: Indonesia Publishing.
Mulyasa, E. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mariolina Salvatori. 2017, artikel berjudul "The Role of Active reading in Interpreting and Writing about the Text" Artikel dalam situs (http://www.westga.edu)
http://aquariusnote.com/apa-itu-membaca-secara-aktif-dan-bagaimana-melakukannya/, diakses pada 12 Oktober 17 pada pukul 11.52
https://ian43,wordpress.com/2010/12/17/pengertian pemahaman/
active_reading_strategies.pdf For additional Resources, Handouts, and Advice visit McGraw's Learning Library.
archive.lbcc.edu/astarros/documents/active reading.pp.pdf
DOI: http://dx.doi.org/10.47736/tajdidukasi.v8i1.287
Article Metrics
Abstract view : 268 timesPDF - 235 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Luluk Maftuhah Ahmad
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
TAJDIDUKASI: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan
ISSN 1979-6943 (print) | 2614-1361 (online)
Organized by Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM DIY
Published by Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY
Website : https://www.tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi/index
Email : [email protected]
![Creative Commons License](https://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi.