Peningkatan hasil belajar sosiologi kompetensi dasar perbedaan dan kesetaraan melalui student teams achievement division

Herdiwati Herdiwati

Abstract


Masih rendahnya prestasi belajar sosiologi diperlukan cara untuk meningkatkannya antara lain dengan melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas K D perbedaan dan kesetaraan menggunakan metode student teams achievement division (STAD). Penelitian Tindakan Kelas dengan metode observasi dan evaluasi dengan tekhnik pengumpulan data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif, di kelas XI IIS3 SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta, tahun pelajaran 2016-2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan metode student teams achievement division (STAD) untuk mata pelajaran sosiologi dapat memberi motivasi siswa untuk belajar dengan intensif, karena siswa tertantang untuk berkompetisi dengan siswa yang lainnya baik secara individu maupun secara kelompok dalam keanggotannya. Kuis dalan metode student teams achievement division (STAD) menyenangkan untuk siswa, karena dengan menggunakan kuis dapat mengukur keberhasilan belajarnya secara langsung, situasi belajar yang menyenangkan akan mempermudah pemahaman.Berdasarkan motivasi dan situasi belajar yang menyenangkan pembelajaran dengan penggunaan metode student teams achievement division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tingkat ketuntasan pra-siklus 28%, setelah pembelajaran menggunakan metode student teams achievement division (STAD) dengan dua kali siklus/empat pertemuan, khususnya pada KD perbedaan dan kesetaraan meningkat menjadi 75%.

 


Full Text:

Fulltext PDF

References


Dimyati, D., & Mudjiono, M. (2002). Belajar dan pembelajaran. Rineka Cipta.

Ellianawati, E., & Subali, B. (2012). Penerapan model praktikum problem solving laboratory sebagai upaya untuk memperbaiki kualitas pelaksanaan praktikum fisika dasar. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(2). https://doi.org/10.15294/jpfi.v6i2.1119

Kemmis, S., & Mc Taggart, R. (1988). The action research planner. Deakin University Press.

Kristiani, N., & Prasetyo, Z. K. (2016). Keefektifan pembelajaran metematika melalui penggunaan media benda konkret pada kelas V SD Timuran. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 163–175. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i2.7791

Rivaie, W., & Rustiyarso, R. (2013). Analisis faktor kesulitan belajar siswa dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Sosiologi Kelas XII IPS di MA. Syarif Hidayatullah Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 2(6).

Sanjaya, W. (2008). Kurikulum dan pembelajaran. Kencana.

Slavin, R. E. (2015). Cooperative learning: Theory, research, and practice. Allyn and Bacon.




DOI: http://dx.doi.org/10.47736/tajdidukasi.v9i2.29

Article Metrics

Abstract view : 58 times
Fulltext PDF - 55 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 TAJDIDUKASI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

TAJDIDUKASI: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan

ISSN 1979-6943 (print) | 2614-1361 (online)
Organized by Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM DIY
Published by Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY
Website : https://www.tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi/index
Email : tajdidukasi@gmail.com

Creative Commons License
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi.

Visitor Statistic