PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE INDEX CARD MATCH PADA PEMBELAJARAN IPA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas VIII D dengan metode Indeks Card Match. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilakukan pada setiap siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 1 Depok dengan subyek penelitian kelas VIII D tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA pada materi Hukum Newton, Usaha dan energi. Hal ini menunjukkan keaktifan belajar siswa yang meliputi; Visual activities: membaca sumber belajar, Oral activities : bertanya, Listening activities: mendengarkan uraian, Writing activities: menulis konsep penting, Motor activities: bergerak atau berpindah tempat, Mental activities : memecahkan masalah dalam kelompok, Emosional activities: melakukan presentasi di depan teman-temannya dapat meningkat dari satu siklus ke siklus berikutnya. Pra siklus 30,47% kemudian siklus I sebesar 59,28% dan siklus II menjadi 84,26% . Pada hasil penelitian selanjutnya Hasil belajar juga mengalami peningkatan dari siklus I yang tuntas sebesar 46% atau 14 dari 30 siswa dan di siklus II sebesar 83,3% atau 25 dari 30.
kata kunci : Indeks card match, keaktifan belajar, hasil belajarFull Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safrudin Abdul Jabar. 2008. Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
________________. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
________________. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Budi Wibowo,Arif. 2015. Penerapan Metode Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Gejala Alam Pada Siswa Kelas VI SD Negeri 1 Kedungpilang Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2014/2015. Salatiga. Fak.Tarbiyah IAIN Salatiga
Depdiknas,2006. Panduan Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu Sekolah
Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah . Jakarta: Depdiknas.
Haryati, Mimin.2008. Model Dan Tehnik Penilaian Dalam KTSP. Jakarta: Gaung Persada
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 22 Tahun 2006
Rochiati Wiraatmadja.2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosda karya
Silberman, Mel.2009. Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif.Yogyakarta: Pustaka Insan madani
Sanjaya, Wina. 2009. Kurikulum Dan Pembelajaran, Teori Dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).Jakarta: Kencana
Sardiman, AM, 1996. Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Salim, Peter dan Yenny Salim, 1991. Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer, Jakarta: Modern English Pers.
Sriyono dkk.1992. Teknik Belajar Mengajar dalam CBSA. Jakarta: PT Rineka Cipta
Sujiono, Anas, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Pers, 2009
Wibowo, Widodo Setyo.2017. Menumbuhkan 21st century skills aspek learning and innovation skills-4cs siswa melalui pengembangan bahan ajar IPA berbasis model project-based learning.Yogyakarta.FMIPA UNY
www.kemdikbud.go.id/pisaindonesia2016
www.puskur.net .Panduan Pengembangan IPA Terpadu
DOI: http://dx.doi.org/10.47736/tajdidukasi.v8i2.294
Article Metrics
Abstract view : 475 timesPDF - 341 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 AMIN ROSADI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
TAJDIDUKASI: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan
ISSN 1979-6943 (print) | 2614-1361 (online)
Organized by Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM DIY
Published by Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY
Website : https://www.tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi/index
Email : [email protected]
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi.