LECTORA INSPIRE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI DALAM KELAS PADA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) KELAS II SD MUHAMMADIAYAH KARANGWARU

Andro Meda Kartika Kurnia

Abstract


Artikel ini membahas minat belajar di dalam kelas pada pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan media lectora inspire. Paparan artikel ini didasarkan pada hasil penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subyek siswa kelas II B SD Muhammadiyah Karangwaru Yogyakarta tahun ajaran 2013 / 2014 sebanyak 25 siswa. Data penelitian diperoleh melalui pengamatan partisipasi
dan observasi kelas. Sesuai jenis penelitiannya, data dianalisis secara komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat siswa kelas II B SD Muhammadiyah Karangwaru Yogyakarta untuk belajar PKn di dalam kelas meningkat. Ini tampak dari peningkatan perhatian dan partisipasi siswa dalam kegiatan belajar.
Kata Kunci: Minat , Program Lectora Inspire


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.47736/tajdidukasi.v5i1.3

Article Metrics

Abstract view : 118 times
PDF - 312 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 TAJDIDUKASI



TAJDIDUKASI: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan

ISSN 1979-6943 (print) | 2614-1361 (online)
Organized by Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM DIY
Published by Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY
Website : https://www.tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi/index
Email : tajdidukasi@gmail.com

Creative Commons License
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi.

Visitor Statistic