Meningkatkan minat dan hasil belajar sistem bahan bakar bensin dengan metode think pair share di SMK Muhammadiyah Cangkringan

Widiyatmoko Widiyatmoko

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar kompetensi sistem bahan bakar bensin dengan penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe TPS di kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK Muhammadiyah Cangkringan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan pada siswa kelas XI Kompetensi Keahlian TKR di SMK Muhammadiyah Cangkringan yang beralamat di Jetis Argomulyo Cangkringan Sleman Yogyakarta. Subjek pada penelitian ini adalah siswa tingkat XI Kompetensi Keahlian TKR yang berjumlah 36 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan soal test, selanjutnya data dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe TPSpada kompetensi keahlian sistem bahan bakar bensin dapat meningkatkan minat belajar sebesar 8,12% dan meningkatkan hasil belajar siswa. Data penelitian menunjukkan bahwa pada pra siklus ketuntasan hasil belajar yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebesar 19,44%, selanjutnya pada siklus I ketuntasan hasil belajar yang mendapai KKM  66,67%, dan pada siklus II ketuntasan hasil belajar yang memenuhi KKM sebesar 86,11%.

Keywords


Minat Belajar; Hasil Belajar; Metode Pembelajaran TPS

Full Text:

Fulltext PDF

References


Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2010). Penelitian tindakan kelas. Bumi Aksara.

Gagne, E. (1985). The cognitive psychology of school learning. Mass Little Brown and Co.

Huda, M. (2012). Cooperative Learning metode, teknik, struktur dan model penerapan. Pustaka Pelajar.

Huda, M. (2013). Model-model pengajaran dan pembelajaran: Isu-isu metodis dan paradigmatis. Pustaka Pelajar.

Purwanto, N. (2011). Evaluasi hasil belajar. Pustaka Pelajar.

Slameto, S. (2013). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Bina Aksara.

Sudjana, N. (2010). Penilaian hasil proses belajar mengajar. PT Remaja Rosdakarya.

Supridjono, A. (2012). Cooperative learning: Teori dan aplikasi Paikem. Pustaka Belajar.

Syah, M. (2013). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. PT Remaja Rosdakarya.

Uno, H. B. (2007). Teori motivasi dan pengukurannya: Analisis di bidang pendidikan. Bumi Aksara.

Winkel, W. S. (1983). Psikologi pendidikan dan evaluasi belajar. Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.47736/tajdidukasi.v9i2.30

Article Metrics

Abstract view : 205 times
Fulltext PDF - 148 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 TAJDIDUKASI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

TAJDIDUKASI: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan

ISSN 1979-6943 (print) | 2614-1361 (online)
Organized by Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM DIY
Published by Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY
Website : https://www.tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi/index
Email : [email protected]

Creative Commons License
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi.

Visitor Statistic