PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM
Abstract
Sampai saat ini, manusia masih menjadi media yang paling efektif dalam proses internalisasi nilai-nilai pendidikan kepada peserta didik. Oleh karena keefektifan tersebut, pengetahuan, skill, dan sikap yang dimiliki oleh para pendidik dapat dikembangkan agar tujuan pendidikan yang diharapkan terwujud sesuai sasaran. Paper ini bertujuan untuk mendeskripsikan urgensi kegiatan pengembangan sumber daya manusia di lembaga pendidikan Islam. Berdasarkan hasil kajian yang telah dilakukan, disimpulkan bahwa pengembangan sumber daya manusia di sekolah/madrasah Islam merupakan suatu kebutuhan untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Pengembangan tersebut adalah pengembangan profesionalisme dan profesionalitas. Adapun kegiatan tersebut dilakukan melalui pembelajaran, pendidikan, pengembangan, dan pelatihan.
Full Text:
PDFReferences
Al-Qahtani, Hind M. (2015). Teachers’ Voice: A Needs Analysis of Teachers’ Needs for Professional Development with the Emergence of the Current English Textbooks. English Language Teaching, Vol. 8, No. 8.
Armstrong, Michael. (1999). A Handbook of Human Resource Management Practice, London: Kogan Page Limited.
Daft, Richard L. Management. USA: South Western, 2010
Evans, Linda. (2002). What is Teacher Development? Oxford Review of Education, Vol. 28, No. 1.
Jones, James J. and Donald L. Walters, (2008). Human Resource Management in Education. Yogyakarta: Q-Media.
Mercer, Justine. Bernard Barker, and Richard Bird. (2010). Human Resource Management in Education: Context, Themes, and Impact, Abingdon UK; Routledge.
Mulyasa, E. (2011). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara.
Schuler, Randall S. dan Susan E. Jackson. (1997). Manajemen Sumber Daya Manusia; Menghadapi Abad Ke-21. Jakarta: Erlangga.
Tanang, Hasan. dan Baharin Abu. (2014). Teacher Professionalism and Professional Development Practices in South Sulawesi, Indonesia. Journal of Curriculum and Teaching. Vol. 3, No.2.
Tilaar, H.A.R. (2012). Perubahan Sosial dan Pendidikan: Pengantar Pedagogik Transformatif untuk Indonesia, Jakarta: Rineka Cipta.
Tilaar, H.A.R. (2008) Manajemen Pendidikan Nasional: Kajian Pendidikan Masa Depan, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Uno, Hamzah B. (2007) Profesi Kependidikan; Problema, Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia, Jakarta: Bumi Aksara.
Yasin, Ahmad Fatah. (2011). Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam di Madrasah; Studi Kasus di MIN 1 Malang. Jurnal El-Qudwah, Vol. 1, No. 5. Edisi April.
Pidarta, Made. (2011). Manajemen Pendidikan Indonesia, Jakarta: Rineka Cipta
DOI: http://dx.doi.org/10.47736/tajdidukasi.v8i1.303
Article Metrics
Abstract view : 1883 timesPDF - 854 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Djamaluddin Perawironegoro
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
TAJDIDUKASI: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan
ISSN 1979-6943 (print) | 2614-1361 (online)
Organized by Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM DIY
Published by Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY
Website : https://www.tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi/index
Email : [email protected]
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi.