PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING SEBAGAI BASIS PEMBELAJARAN DALAM KURIKULUM 2013
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Chatib, M. 2001. Sekolahnya Manusia: Sekolah Berbasis Multiple Intelligences di Indonesia. Bandung: Mizan. Christianti, M. 2007. Anak dan Bermain. Makalah Disajikan Dalam
Jurnal Club Prodi PGTK UNY Dan Majalah EduTOT PGTK UNY. Retrieved from http://staff. uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Martha Christianti, M.Pd./ Anak Dan Bermain.pdf Depdikbud. 1998. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Duman, B. 2006. “The Effect of BrainBased Instruction to Improve on Students’ Academic Achievement in Social Studies”.9th International Conference on Engineering Education, 23-28 July 2006 in San Juan. (Online), (http://www.icee.usm. edu/icee/conferences/icee2006/ papers/33 80 .pdf. Given, B.K. 2007. Brain Based Teaching (Merancang Kegiatan BelajarMengajar yang Melibatkan Otak, Emosional, Sosial Kognitif, Kinestetis, dan Reflektif). Bandung: Kaifa. I Gusti Agus Made Mustiada, 2014 Pengaruh Model Pembelajaran BBL (Brain Based Learning) Bermuatan Karakter Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 2 No: 1 Tahun 2014. Khasanah, I., Prasetyo, A., & Rakhmawati, E. (2011). Permainan Tradisional Sebagai Media Stimulasi Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian PAUDIA, 1(1), 91–105. Kusmariyatni Nyoman. 2012. Model Brain Based Learning Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Jilid 46, Nomor 2, Juli 2012, hlm.165-173 Jalaludin, 2012. ”Membangun SDM Bangsa Melalui Pendidikan Karakter”, Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 13, No. 2, Oktober 2012 Jensen, E. 2008. Brain-Based Learning Pembelajaran Berbasis Kemampuan Otak Cara Baru dalam Pengajaran dan Pelatihan Edisi Revisi. Yogyakarta: Pustaka Belajar Jensen, E. 2011. Brain-Based Learning Pembelajaran Berbasis Otak. Jakarta: Indeks Munawaroh, I., & Haryanto. 2005. Neurosience dalam pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, Vol .I, No 1 Mei 2005 Najib, Ahmad Burhani. 2001. Menggugat Peran Agama Membongkar Doktrin yang Membatu, Jakarta: Kompas Ozden, M. & Gultekin, M. 2008. The effects of brain-based learning on academic achievement and retention of knowledge in science course, Electronic Journal of Science Education. 12(1), 1-16.
Pasiak, T. 2005. Revolusi IQ/EQ/SQ: Antara Neurosains dan Al-Quran (V). Bandung: Mizan. Rukiyati, 2013. “Urgensi Pendidikan Karakter Holistik Komprehensif Di Indonesia”, Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun III, Nomor 2, Juni 2013. Supratiknya, A. (ed.), 1993. Psikologi Kepribadian 2: Teori-Teori Holistik (Organismik Fenomenologis), Yogyakarta: Kanisius. Suprayogo, Imam. 2012. ”Pendidikan Holistik dalam Perspektif Islam”, dalam Abd. Rahman A. Ghani dan Sugeng Riadi (ed), Pendidikan Holistik, Konsep dan implementasi dalam Pendidikan, Jakarta: Uhamka Press. Rahmi, Syarwan. 2014. Pengaruh Pendekatan Brain Based Learning (BBL) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VII SMP Islam Raudhatul Jannah Payakumbuh. Vol. 3 No. 1 (2014) Jurnal Pendidikan Matematika : Part 2 Hal 29- 34.
DOI: http://dx.doi.org/10.47736/tajdidukasi.v8i1.307
Article Metrics
Abstract view : 615 timesPDF - 562 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Hendro Widodo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
TAJDIDUKASI: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan
ISSN 1979-6943 (print) | 2614-1361 (online)
Organized by Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM DIY
Published by Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY
Website : https://www.tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi/index
Email : [email protected]
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi.