Pengembangan modul tematik berbasis pendidikan lingkungan hidup subtema manfaat energi untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar
Meita Windi Susanti, Siwi Purwanti
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta dilapangan yaitu terbatasnya bahan ajar tematik, selain itu pendidikan lingkungan hidup belum terintegrasi secara maksimal pada pembelajaran tematik. Penelitian bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan modul tematik berbasis pendidikan lingkungan hidup subtema manfaat energi untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar. Selain itu, untuk mengetahui kualitas modul tematik berbasis pendidikan lingkungan hidup subtema manfaat energi untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar dari para ahli media, ahli materi, dan ahli pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan Research and Develompent (RnD) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa lembar penilaian produk dan angket respon peserta didik, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penelitian dan pengembangan telah dilakukan dengan menggunakan model ADDIE (Analiysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Hasil penilaian dari ahli media dengan nilai 95 termasuk kategori “Baik Sekali”, ahli materi dengan nilai 90 termasuk kategori “Baik Sekali”, ahli pembelajaran dengan nilai 89,09 termasuk kategori “Baik Sekali”. Dari hasil penilaian oleh ahli media, ahli materi, dan ahli pembelajaran secara keseluruhan mendapatkan nilai 91,36 dengan kategori baik sekali. Dari hasil uji coba kelompok kecil dan kelompok besar secara keseluruhan mendapatkan nilai 94,55 dengan kategori baik sekali. Seluruh penilaian dari para ahli media, ahli materi, ahli pembelajaran, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar jika dicari rata-rata mendapatkan nilai 93,18 dengan kategori baik sekali. Berdasarkan nilai tersebut, modul tematik berbasis pendidikan lingkungan hidup subtema manfaat energi untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar memiliki kualitas sebagai bahan ajar. Nilai rata-rata seluruh penilaian jika dikonverensikan dan disimpulkan pada kategori “Baik Sekali.”
Keywords
Pengembangan; Modul Tematik; Pendidikan Lingkungan Hidup
Agustiningsih, A. (2015). Pengembangan Desain E-Komik Tematik Berbasis Pada Pendidikan Lingkungan Hidup Dengan Aplikasi Macromedia-Flash Untuk Kelas Permulaan Sekolah Dasar. Pancaran Pendidikan, 4(4), 177–194.
Hidayah, N. (2015). Pembelajaran tematik integratif di Sekolah Dasar. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(1), 34–49.
Majid, A. (2020). Perencanaan pembelajaran mengembangkan standar kompetensi guru. Rosda.
Mintasih, D. (2022). Mengembangkan Literasi Bagi Calon Pendidik Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 Melalui PBL Berbasis Kehidupan. Jurnal Akhlaqul Karimah: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 21–37.
TAJDIDUKASI: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan
ISSN 1979-6943 (print) | 2614-1361 (online) Organized by Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM DIY Published by Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY Website : https://www.tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi/index Email : [email protected]