Pembelajaran STEM PLBS untuk meningkatkan keterampilan berfikir kreatif menyongsong era revolusi industri 4.0

Eny Triastuti

Abstract


Penelitian dan Pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan, mengembangkan, dan mengetahui pengaruh Pembelajaran Berbasis STEM materi sel volta pada topik pembangkit listrik berbahan sekitar (PLBS) terhadap keterampilan berfikir dan kreatif. Penelitian ini terdiri dari dua tahap, yaitu Research dan Development. Pada tahap Research digunakan metode kualitatif untuk menghasilkan rancangan produk. Keabsahan data berdasar validasi dengan acuan kriteria sebesar 0,87 pada kategori sangat baik. Uji kepraktisan model diperoleh dari angket respon siswa dengan jumlah rata-rata 82,75% dinyatakan sangat praktis. Pada tahap Development digunakan metode eksperimen One Group Pre-Posttest Design untuk menguji rancangan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis STEM pada topik pembangkit listrik berbahan sekitar (PLBS) dideskripsikan dalam lima tahap atau fase pendekatan pembelajaran yaitu reflection, research, discovery, application, dan communication. Kegiatan pembelajaran dikembangkan untuk melatih keterampilan berfikir kreatif untuk menyongsong era revolusi industri 4.0. Hasil pengujian produk unit pembelajaran berbasis STEM topik Pembangkit Listrik Berbahan Sekitar (PLBS) pada materi sel volta dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa dengan nilai rata-rata pre-test dan post-test sebesar 61,19 menjadi 90 dengan skor N gain sebesar 0,74. Produk dinyatakan efektif karena 100 % siswa telah tuntas secara klasikal. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif pembelajaran berbasis STEM terhadap keterampilan berfikir kreatif dengan skor 98,7 %.

Keywords


STEM; PLBS; Revolusi Industri 4.0

Full Text:

PDF

References


Capraro, R. M., Capraro, M. M., & Morgan, J. R. (2013). STEM project-based learning: An integrated science, technology, engineering, and mathematics (STEM) approach. Springer Science & Business Media.

Diaz, D., & King, P. (2007). Adapting A Post Secondary Stem Instructional Model To K 5 Mathematics Instruction. 2007 Annual Conference & Exposition, 12–175.

Fortus, D., Dershimer, R. C., Krajcik, J., Marx, R. W., & Mamlok-Naaman, R. (2004). Design-based science and student learning. Journal of Research in Science Teaching, 41(10), 1081–1110. https://doi.org/10.1002/tea.20040

Harry, F. (2018). A standing bronze Buddha in Gupta style from the north-western Himalaya.

Jolly, A. (2014). Six characteristics of a great STEM lesson. In Education Week (pp. 1–11).

Laboy-Rush, D. (2011). Integrated STEM education through project-based learning. Learning. Com, 12, 12–13.

Mu’minah, I. H., & Aripin, I. (2019). Implementasi STEM dalam Pembelajaran Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1, 1495–1503.

Satchwell, R. E., & Loepp, F. L. (2002). Designing and Implementing an Integrated Mathematics, Science, and Technology Curriculum for the Middle School. Journal of Industrial Teacher Education, 39(3), 41–66.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.

White, D. M. (2016). Connecting STEM with design thinking. Interdisciplinary STEM Teaching & Learning Conference.




DOI: http://dx.doi.org/10.47736/tajdidukasi.v11i1.312

Article Metrics

Abstract view : 168 times
PDF - 86 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Eny Triastuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

TAJDIDUKASI: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan

ISSN 1979-6943 (print) | 2614-1361 (online)
Organized by Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM DIY
Published by Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY
Website : https://www.tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi/index
Email : [email protected]

Creative Commons License
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi.

Visitor Statistic