Kepemimpinan instruksional dalam implementasi pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19

Achmad Muhammad

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kepemimpinan instruksional atau kepemimpinan pembelajaran di masa pandemi Covid-19 di sekolah/madrasah Muhammadiyah di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini mengambil jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode penelitian survei yang menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian yang dibagikan melalui google form. Berdasarkan signifikansinya bentuk dari penelitian berikut merupakan penelitian mendasar atau basic research, yakni penelitian yang bertujuan untuk menjelaskan fenomena penerapan kepemimpinan instruksional (kepemimpinan pembelajaran) di masa pandemi Covid-9. Limitasi dan keterbatasan penelitian ini dibatasi dengan hanya menjadikan Kepala Sekolaah/Madrasah Muhammadiyah di Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai subyek penelitian, yakni sejumlah 76 Kepala SMA/SMK dan MA Muhammadiyah. Analisis data dilakukan menggunakan model analisis Miles & Huberman, yaitu data reduction, data display dan data conclusion drawing/verification. Hasil penelitian ini menemukan bahwa penerapan kepemimpinan instruksional (pembelajaran) kepala sekolah/madrasah Muhammadiyah di DIY pada masa pandemi Covid-19 dalam implementasi kebijakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) perlu dioptimalkan dalam bentuk beberapa kegiatan; mulai dari memahami kebijakan, Mendesiminasikan kebijakan kepada warga sekolah dan stakeholder, melakukan monitoring dan evaluasi sampai ikut menyelesaikan berbagai kendala, sehingga pembelajaran jarak jauh (PJJ) lebih efektif, layanan pendidikan yang maksimal bagi seluruh peserta didik dapat diberikan, dan di sisi lain tetap berupaya menjaga mutu pembelajaran.

Keywords


Kepemimpinan instruksional; Pembelajaran jarak jauh; Covid-19

Full Text:

PDF

References


Agus Purwanto, dkk. 2020. “Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar”. Jurnal EduPsyCoun. Volume 2, No. 1. Universitas Muhammadiyah Enrekang.

Ahmad Tanzeh. 2011. Metodologi Penelitian Praktis. Tras Yogyakarta

Dana Riksa Buana. 2020. ”Analisis Prilaku Masyarakat Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Virus Corona (Covid-19) dan Kiat Menjaga Kesejahteraan Jiwa”, Salam: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-I, Vol. 7. No. 3.

Daresh, John C., Playko, Marshal A. 1995. Supervision as a Proactive Process. Waveland Press.

Davies, Brent. & Brundrett, Mark. 2010. Developing Successful Leaderhip. Springer Dordrecht Heildeberg. London.

Hadiyanto. 2016. Teori & Pengembangan Iklim Kelas & Iklim Sekolah. Prenada Media Grup. Jakarta.

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban , M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 . JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol.22. No1. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286

Luh Devi Herlidry dkk. 2020. “Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19” dalam Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol. 22, No. 1. Universitas Negeri Jakarta.

Megawanti,Priarti. Dkk. 2020. “Persepsi Peserta Didik Terhadap Pjj Pada Masa Pandemi Covid 19”. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol. 7 No.2. DOI: http://dx.doi.org/10.30998/.v7i2.6411

Neuman, W. L. (2014). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches (7th ed.). Essex: Pearson Education.

Patricio R., 2010, A Monitoring and Evaluation Scheme for an ICT-SUpport Education Program in Schools, Università Roma Tre, Italy

Pilliang, Yasraf. Amir. (2012). Masyarakat Informasi dan Digital: Teknologi Informasi dan Perubahan Sosial. Jurnal Sosioteknologi, Vol.11. No.27. http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/311442

Pusbangtendik. 2011. Kepemimpinan Pembelajaran: Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala sekolah. Jakarta.

Rasmitadila, et.al. “The Perceptions of Primary School Teachers of Online Learning during the COVID-19 Pandemic Period: A Case Study in Indonesia”. Journal of Ethnic and Cultural Studies. 2020. Vol. 7. No. 2, DOI: http://dx.doi.org/10.29333/ejecs/388

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Suharsimi Arikuanto. 2002. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Edisi Revisi V. Riska Cipta. Jakarta

Teguh Triwiyanto, 2015. Pelaksanaan Monitoring, Evaluasi, Dan Pelaporan Untuk Penilaian Kinerja Manajerial Kepala Sekolah. Cakrawala Pendidikan Februari. Vol. XXXIV, No. 1. DOI: https://Doi.Org/10.21831/Cp.V1i1.4177

Wawan Dhewanto. 2013. Intrapreneurship: Kewirausahaan Korporasi. Rekayasa Sains. Bandung.

Yuliana. 2020. “Corona Virus Diseases (Covid-19): Sebuah Tinjauan Literatur”. Wellness and Healthy Magazine, Vol. 2 No.1.




DOI: http://dx.doi.org/10.47736/tajdidukasi.v10i2.313

Article Metrics

Abstract view : 740 times
PDF - 616 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Achmad Muhammad

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

TAJDIDUKASI: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan

ISSN 1979-6943 (print) | 2614-1361 (online)
Organized by Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM DIY
Published by Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY
Website : https://www.tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi/index
Email : [email protected]

Creative Commons License
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi.

Visitor Statistic