Survei penerapan riset untuk pembekalan kompetensi siswa SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta

Ema Ambarwati, Achmad Muhamad

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya penerapan kegiatan riset untuk meningkatkan kompetensi siswa SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survei yang menggunakan angket sebagai instrument penelitian yang dibagikan melalui google form. Teknik pengambilan data menggunakan teknik sensus berdasarkan asal sekolah yaitu SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Subjek penelitian adalah 98 siswa SMA kelas XI dan 98 alumni tahun 2015-2017. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menemukan bahwa kegiatan riset penting diterapkan untuk meningkatkan kompetensi siswa seperti kolaborasi, komunikasi, berpikir kritis dan kreatif. Kegiatan riset juga memiliki manfaat untuk bekal siswa pada saat menempuh studi lanjut di perguruan tinggi.

Keywords


Survei, Riset, Kompetensi siswa, SMA

Full Text:

PDF

References


A.Muri Yusuf.2015.Asesmen dan Evaluasi Pendidikan: Pilar Penyedia Informasi dan Kegiatan Pengendalian Mutu Pendidikan Edisi Pertama.Prenadamedia Group.Jakarta.

Awang,Imanuel Sairo. 2017. Strategi Pembelajaran, Tinjauan Umum Bagi Pendidik. Penerbit STKIP Persada Khatulistiwa. Sintang.

Beers, S. Z.2012. 21st Century Skills: Preparing Students for THEIR Future.

Charles Fadel and Bernie Trilling.2009. 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times .Jossey-Bass.San Francisco.

Etistika Yuni Wijaya, Dwi Agus Sudjimat & Amat Nyoto.2016. Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global. Makalah.Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Vol. 1 Tahun 2016 – ISSN 2528-259X. Universitas Kanjuruhan Malang. Malang.

Harli Trisdiono.2013.“Strategi Pembelajaran Abad 21” diakses pada Selasa, 9 Maret 2021 pukul 07.28 WIB dari https://lpmpjogja.kemdikbud.go.id/strategi-pembelajaran-abad-21/.

Heni Rusnayati, Galih Fajar Gumelar, & Dadi Rusdiana.2016. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) berdasarkan Gaya Belajar Vark(Visual).Makalah. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2016 Volume V, 27-32.

H.A.R. Tilar.1998.Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional Dalam Perspektif Abad 21 Cetakan I.Tera Indonesia. Magelang.

Irianto, D.2017. Industry 4.0; The Challenges of Tomorrow. Disampaikan pada Seminar Nasional Teknik Industri, Batu Malang.

Kothari, C.R.2004.Research Methodology:Methods & Techniques.Jaipur:New Age Publishers.

Litbang Kemdikbud.2013. Kurikulum 2013: Pergeseran Paradigma Belajar Abad-21. Diakses pada September 29, 2015, dari http://litbang.kemdikbud.go.id/index.php/index-berita-kurikulum/243- kurikulum-2013-pergeseran-paradigma-belajar-abad-21.

PPs UNY.2014.Panduan Penyusunan dan Penilaian Tesis dan Disertasi. UNY. Yogyakarta.

Proboyekti, Umi.2015.”Pengantar Riset: Apa itu Research, Riset atau Penelitian?” diakses pada 6 Desember 2020 pukul 13.00 WIB dari http://lecturer.ukdw.ac.id/othie/pengantar_riset.pdf

Rotherham, A. J., & Willingham, D.2009. 21st Century Skills: the challenges ahead. Educational Leadership Volume 67 Number 1 , 16 – 21.

Suciati Sudarisman.2015. Memahami Hakikat dan Karakteristik Pembelajaran Biologi dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 21 Serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013.Jurnal Florea Volume 2 No. 1, 29-35.

Sugiyono.2011.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Penerbit Alfabeta. Bandung.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No.20 Tahun 2003 Pasal 3.

Uswatun Khasanah dan Herina.2019.Membangun Karakter Siswa Melalui Literasi Digital dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21 (Revolusi Industri 4.0).Prosiding Seminar Nasional Pendidikan PPs Universitas PGRI Palembang, 12 Januari 2019.Palembang.

Vina Meidawati.2020.Re-Analisis Pengetahuan Prosedural dan Keterampilan Riset Siswa berdasarkan Gender pada Pembelajaran Biologi SMA.Skripsi. UPI. Bandung.

Warsita, Bambang, 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Rineka Cipta. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.47736/tajdidukasi.v10i2.314

Article Metrics

Abstract view : 96 times
PDF - 39 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ema Ambarwati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

TAJDIDUKASI: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan

ISSN 1979-6943 (print) | 2614-1361 (online)
Organized by Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM DIY
Published by Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY
Website : https://www.tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi/index
Email : tajdidukasi@gmail.com

Creative Commons License
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi.

Visitor Statistic