Penggunaan modul elektronik berbasis siklus belajar 7E pada pembelajaran online untuk meningkatkan aktivitas belajar dan prestasi belajar siswa di era pandemi covid-19

Istiqomah Fenica Yusnita Sari

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar dan preatasi belajar siswa kelas XI IPA 4 semester genap di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta melalui penggunaan modul elektronik berbasis siklus belajar 7E (Elicit, Engage, Explore, Explain, Elaborate, Evaluate, Extend) dalam materi pokok larutan asam basa pada pembelajaran online di era pandemi COVID-19 pada tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Pada setiap siklus terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 4 SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta yang berjumlah 35 siswa. Sumber data berasal dari siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes dan nontes (observasi, kajian dokumen dan angket). Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas belajar siswa dengan kategori “Sangat Baik” meningkat dari 8,6% menjadi 25,7%, kategori ‘Baik” sebanyak meningkat 42.9% menjadi 48,6%, (2) prestasi siswa pada aspek kognitif dari 51,43% meningkat menjadi 71,43%, aspek afektif dengan kategori “Sangat Baik” pada siklus I sebanyak 11,43% meningkat menjadi 34,29% pada siklus II, kategori “Baik” pada siklus I sebanyak 45,71% meningkat menjadi 51,43% pada siklus II, sedangkan pada siklus I aspek psikomotor telah melampaui target yaitu diperoleh 77,14%.

Keywords


Modul elektronik; Siklus belajar 7E; Aktivitas belajar; Prestasi belajar

Full Text:

PDF

References


Adilah, D. N., & Budiharti, R. (2015). Model Learning Cycle 7E Dalam Pembelajaran IPA Terpadu. Prosiding Seminar Nasional Fisika Dan Pendidikan Fisika (SNFPF) Ke-6, 6.

Arifin, M. (1995). Pengembangan Program Pengajaran Bidang Studi Kimia. Airlangga University Press.

Gunawan, H. (2018). Efektifitas penggunaan e-modul terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 5(05).

Hanafiah, N., & Suhana, C. (2010). Konsep Strategi Pembelajaran. In PT Refika aditama. (Vol. 20, Issue 5). Refika Aditama.

Hasanah, A., Sri Lestari, A., Rahman, A. Y., & Danil, Y. I. (2020). Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa Pada Pandemi COVID-19. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tahun 2020.

Imaniyah, I., Siswoyo, S., & Bakri, F. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 01(1), 17–24.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2007). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru (Terjemahan). In Penerbit Universitas Indonesia.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif, cet. In XI. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suharmi, A. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. In Jakarta: Rineka Cipta.

Suwandi, S. (2008). Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Karya Ilmiah. Modul Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru (PLPG). Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13.

Suyadi. (2012). Buku Panduan Guru Profesional Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Andi Yogyakarta.

Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP-UPI. (2007). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Bagian III : Pendidikan Disiplin Ilmu (penerbit i).

Utami, I. S. (2016). Implementasi E-Learning untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Komputer Terapan, 2(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.47736/tajdidukasi.v10i2.317

Article Metrics

Abstract view : 121 times
PDF - 45 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 ISTIQOMAH FENICA YUSNITA SARI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

TAJDIDUKASI: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan

ISSN 1979-6943 (print) | 2614-1361 (online)
Organized by Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM DIY
Published by Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY
Website : https://www.tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi/index
Email : [email protected]

Creative Commons License
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi.

Visitor Statistic