Penerapan metode mind map pada materi menulis puisi mata pelajaran bahasa indonesia saat masa pandemi covid untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta tahun pelajaran 2020/2021

Yudianto Yudianto

Abstract


Hasil belajar menulis puisi akan berjalan semakin baik jika dalam proses pembelajaran guru maupun siswa menggunakan mind map. Mind map berfungsi mempermudah proses pembelajaran sekaligus meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta dengan menerapkan metode mind map pada materi menulis puisi pada saat pandemi Covid. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 2. Objek penelitian ini adalah pengaruh penerapan mind map pada materi menulis puisi mata pelajaran bahasa Indonesia untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X. Penelitian dilaksanakan pada semester II, dari bulan Januari s.d. Juni 2021. Penelitian dilaksanakan selama dua siklus, tiap siklus 2 x 30 menit menggunakan gmeet. Setiap siklus meliputi empat tahap kegiatan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi hasil karya siswa. Analisis data dilakukan dengan cara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) Penerapan mind map pada materi menulis puisi mata pelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar dan proses pembelajaran siswa kelas X IPS 2 SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta tahun pelajaran 2020/2021. Proses pembelajaran pada siklus I masuk ke dalam kategori baik dengan capaian rata-rata skor 45 (rentang skor baik 31-45). Hasil belajar pada siklus I memiliki nilai rerata 78 (100% siswa tuntas). Proses pembelajaran pada siklus II masuk ke dalam kategori sangat baik dengan capaian rata-rata skor 50 (rentang skor sangat baik 46-55). Hasil belajar pada siklus II memiliki nilai rerata 83 (100% siswa tuntas). (2) Peneraan metode mind map mampu memberikan pengaruh baik pada proses dan hasil belajar siswa.

Keywords


mind map; menulis puisi; hasil belajar siswa; Bahasa Indonesia; Covid-19

Full Text:

PDF

References


Penerapan metode mind map pada materi menulis puisi mata pelajaran bahasa Indonesia saat masa pandemi Covid untuk meningkatkan hasil belajar di kelas X IPS 2 dapat dilaksanakan dengan sangat baik dengan capaian skor 45 pada siklus I dan 50 pada siklus II. Rentang skor kategori baik adalah 31-45 dan rentang skor sangat baik adalah 46 s.d. 55. Penerapan metode mind map pada materi menulis puisi mata pelajaran bahasa Indonesia saat masa pandemi Covid dapat meningkatkan hasil belajar di kelas X IPS 2. Hal ini dibuktikan dari capaian hasil belajar siswa pada siklus I menunjukan 100% tuntas (KKM 75) dengan rerata nilai 78 dan pada siklus II meningkat nilai reratanya menjadi 83. Penerapan metode mind map pada materi menulis puisi mata pelajaran bahasa Indonesia saat masa pandemi Covid untuk meningkatkan hasil belajar di kelas X IPS 2 memberikan pengaruh yang baik kepada siswa. Hal ini terbukti dari temuan-temuan pada siklus I dan II berupa proses pembelajaran yangberjalan baik serta peningkatan hasil belajar siswa dari yang rata-rata nilai 78 pada siklus I menjadi rata-rata 83 pada siklus II.




DOI: http://dx.doi.org/10.47736/tajdidukasi.v11i2.319

Article Metrics

Abstract view : 170 times
PDF - 113 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 yudi anto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

TAJDIDUKASI: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan

ISSN 1979-6943 (print) | 2614-1361 (online)
Organized by Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM DIY
Published by Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY
Website : https://www.tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi/index
Email : [email protected]

Creative Commons License
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi.

Visitor Statistic