Peningkatan prestasi belajar melalui strategi project-based learning mata pelajaran sosiologi SMA

Indri Rosiana Dewi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar  peserta didik pada mata pelajaran sosiologi melalui penggunaan strategi pembelajaran Berbasis Proyek (Project  Based Learning) dan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah penerapan strategi pembelajaran PjBL pada kelas XI IIS-3 di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. PTK ini dilakukan dalam 2 siklus dengan 2  pertemuan di setiap siklusnya . Kegiatan yang dilakukuan disetiap siklus adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dalam strategi PjBL proses yang dilakukan dalam pembelajaran adalah pemaparan topik,perumusan masalah dasar, perencanaan proyek,  pelaksanaan proyek, publikasi hasil proyek, dan evaluasi.  Hasil penelitian menunjukkan kemampuan siswa dalam membuat proyek mengalami peningkatan kualitas dari 78% ke 81% meningkat 89 % . Peningkatan proyek diimbangi dengan peningkatan prestasi belajar dari 51 % siswa yang tuntas menjadi 67 % dan meningkat menjadi 78 % siswa yang mengalami peningkatan prestasi belajar. Pembelajaran Berbasis Proyek dapat membuktikan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa., mendorong peserta didik untuk mengembangkan dan mempraktikkan keterampilan komunikasi, meningkatkan keterampilan peserta didik dalam mengelola sumber dan memberikan pengalaman kepada peserta didik pembelajaran praktik dalam mengorganisasi proyek, dapat menambah pengalaman belajar  serta membuat suasana belajar menjadi menyenangkan, sehingga peserta didik maupun pendidik menikmati proses pembelajaran

Keywords


Project Based Learning; prestasi belajar; sosiologi

Full Text:

Fulltext PDF

References


Daryato, H. M. (2011). Penelitian tindakan kelas dan penelitian tindakan sekolah beserta contoh-contohnya. Gaya Media.

Qonitah, Q., & Satyabakti, P. (2014). The effect of participation in “Paguyuban Sehat Kencing Manis” for type 2 diabetics. Jurnal Berkala Epidemiologi, 1(2).

Rumini, S. (1993). Psikologi pendidikan. Yogyakarta: UPP IKIP Yogyakarta

Sani, R. A. (2014). Pembelajaran saintifik untuk implementasi Kurikulum 2013. Bumi Aksara.

Winkel, W. S. (1983). Psikologi pendidikan dan evaluasi belajar. Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.47736/tajdidukasi.v9i2.32

Article Metrics

Abstract view : 262 times
Fulltext PDF - 141 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 TAJDIDUKASI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

TAJDIDUKASI: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan

ISSN 1979-6943 (print) | 2614-1361 (online)
Organized by Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM DIY
Published by Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY
Website : https://www.tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi/index
Email : tajdidukasi@gmail.com

Creative Commons License
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi.

Visitor Statistic