Supervisi akademik sebagai upaya meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan program BDR (Belajar Dari Rumah) di SD Muhammadiyah Kleco 1 Yogyakarta

Hindun Yafa Chotijah, Enung Hasanah

Abstract


Adaptasi kegiatan belajar mengajar (KBM) dalam masa pandemi covid 19 dilakukan dengan sistem Belajar dari Rumah (BDR). Sistem ini tentu berbeda dengan pembelajaran saat normal yang membutuhkan berbagai persiapan sarana, prasarana, administrasi dan strategi. Guru menjadi subjek utama yang sangat menentukan keberhasilan KBM saat Pandemi ini. Banyak guru yang belum memiliki kesiapan terutama dalam penguasaan teknologi dan mendesain pembelajaran yang interaktif. Memperhatikan hal ini diperlukan suatu evaluasi bagi para guru melalui supervisi yang sitematis melalui penlitian tindakan sekolah (PTS). Dalam PTS ini mengambil subyek para guru SD Muhammadiyah I Kleco yang berjumlah 17 orang. PTS dilakukan dalam dua siklus. Data diperoleh dari wawancara dan pengamatan kegiatan belajar mengajar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan guru mengalami peningkatan di siklus II dengan predikat baik di semua komponen. Kesimpulan dari penelitian tindakan sekolah ini adalah Supervisi akademik dapat meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan BDR.

Keywords


BDR; Kemampuan Guru; PTS; Supervisi

Full Text:

PDF

References


Astuti, D. P., Muslim, A., & Bramasta, D. (2020). Analisis Persiapan Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Di Kelas Iv Sd Negeri Jambu 01. Jurnal Wahana Pendidikan, 7(2), 185. https://doi.org/10.25157/wa.v7i2.3676

Bastudin. (2020). Hambatan Utama Penggunaan TIK dalam Pembelajaran dan Strategi Mengatasinya. Lpmpsumsel.

Fitri Rahmawati, B. (2020). Penggunaan Media Interaktif Power Point Dalam Pembelajaran Daring. Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah Dan Pendidikan, 4(2), 60–67. https://doi.org/10.29408/fhs.v4i2.3135

Irhamni. (2018). Prinsip-Prinsip Dan Pendekatan Dalam Penilaian Hasil Belajar. JUrnal Pendidikan, 1(5), 111–119.

Juweni, I. (2016). Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 9 Surakarta. Masters Thesis. Surakarta: IAIN Surakarta.

Kalalo, R. J. P., Lumenta, A. S. M., & Paturusi, S. D. E. (2021). Pembelajaran Daring Interaktif menggunakan Flipbook dan Pengaruhnya terhadap Proses dan Hasil Blended Learning. Jurnal Teknik Informatika, 16(2), 165–174.

Lalupanda, E. M. (2019). Implementasi supervisi akademik untuk meningkatkan mutu guru. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(1), 62–72. https://doi.org/10.21831/amp.v7i1.22276

Lounard Syaulan Sahelatua, L. V. dan M. (2018). Kendala Guru Memanfaatkan Media It Dalam Pembelajaran Di Sdn 1 Pagar Air Aceh Besar. Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 131–140.

Maulyda, M. A., Erfan, M., & Hidayati, V. R. (2021). Analisis Situasi Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19 Di Sdn Senurus: Kemungkinan Terjadinya Learning Loss. Journal of Elementary Education, 04(03), 328–336.

Metriza, T. I. I. (2017). Supervisi akademik oleh kepala sekolah dalam rangka meningkatkan profesional mengajar guru (studi kasus pada Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Lima Puluh Kota). Menara Ilmu, 11(77).

Muhammad, H. (2020). Menyiapkan pembelajaran di masa pandemi: Tantangan dan peluang. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Pengabdian, J., Indonesia, M., Studi, P., Cibiru, U. P. I., Terjadinya, A., Pjj-, P., Dasar, S., Terpadu, I., Teladan, I., Teladan, S. I., Pengabdian, T., Teladan, S. I., & Teladan, S. I. (2021). Lokakarya Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. 1(4), 121–126.

Pidarta, M. (2009). Supervisi pendidikan kontekstual. Rineka Cipta.

Pramesti, P. D., Dibia, I. K., & Ujianti, P. R. (2021). Media Pembelajaran Daring Interaktif Berbasis Power Point dengan Fungsi Hyperlink. 4(2), 36524.

Rachmawati, T., & Guru, K. (n.d.). Supervisi pendidikan sebagai upaya meningkatkan kinerja guru. 43–52.

Ramli, R. M. (2020). Ikatan Guru: 60% Pengajar Tak Bisa Pakai Teknologi, Kami Beri Pelatihan. Kumparan.

Setyo, H. M. K., & Drs. Sodiq Puranto. M.Pd. (2019). Supervisi dan penilaian kinerja guru (MPPKS - PKG).

Snae, Y. D. I., Budiati, A. C., & Heriati, T. (2016). Modul Kepala Sekolah Pembelajar Kelompok Kompetensi 10: Supervisi Akademik. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Suharwoto, G. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19, Tantangan yang Mendewasakan. Diakses Dari Https://Pusdatin. Kemdikbud. Go. Id/Pembelajaran-Online-Di-Tengah-Pandemi-Covid-19-Tantangan-Yang-Mendewasakan.

Takhlishi, A. (2018). Covid-19 Di Madrasah Aliyah Sunan Prawoto Pati Covid-19 Pandemic At Madrasah Aliyah Sunan Prawoto. 06(1), 72–85.

Wijaya, C., Syahrum, S., & Ananda, R. (2013). Penelitian tindakan kelas: melejitkan kemampuan penelitian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran guru.




DOI: http://dx.doi.org/10.47736/tajdidukasi.v10i2.324

Article Metrics

Abstract view : 175 times
PDF - 50 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Hindun Yafa Chotijah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

TAJDIDUKASI: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan

ISSN 1979-6943 (print) | 2614-1361 (online)
Organized by Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM DIY
Published by Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY
Website : https://www.tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi/index
Email : [email protected]

Creative Commons License
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi.

Visitor Statistic