Penggunaan modul elektronik berbasis learning cycle 7E pada materi pokok larutan asam basa dalam pembelajaran online untuk meningkatkan aktivitas belajar dan prestasi belajar siswa kelas XI MIPA 4 SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta

Istiqomah Fenica Yusnita Sari

Abstract


semester genap di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta melalui penggunaan modul elektronik berbasis siklus belajar 7E (Elicit, Engage, Explore, Explain, Elaborate, Evaluate, Extend) pada materi pokok larutan asam basa dalam pembelajaran online di era pandemi COVID-19 pada tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdidi dari dua siklus. tiap siklus terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 4 SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta yang berjumlah 35 siswa. Sumber data berasal dari siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes dan nontes (observasi, kajian dokumen dan angket). Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan modul elektronik berbasis siklus belajar 7E (learning cycle 7E) dapat meningkatkan (1) aktivitas belajar siswa dengan kategori “Sangat Baik” pada siklus I sebanyak 8,6% meningkat pada siklus II menjadi 25,7%, kategori ‘Baik” pada siklus I sebanyak 42.9% meningkat menjadi 48,6% pada siklus II, (2) prestasi siswa aspek kognitif dari 51,43% pada siklus I meningkat menjadi 71,43% pada siklus II, aspek afektif dengan kategori “Sangat Baik” pada siklus I sebanyak 11,43% meningkat menjadi 34,29% pada siklus II, kategori “Baik” pada siklus I sebanyak 45,71% meningkat menjadi 51,43% pada siklus II, sedangkan pada siklus I aspek psikomotor telah melampaui target yaitu diperoleh 77,14%.

Keywords


Modul elektronik; Siklus belajar 7E; Larutan asam basa; Aktivitas belajar; Prestasi belajar

Full Text:

PDF

References


Dewi, N. F. H., Sukrina, A., Denuarta, A., Hasibuan, N., & Kansas, S. (2022). Optimalisasi Penggunaan Handphone Dalam Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1).

Gunawan, H. (2018). Efektifitas penggunaan e-modul terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 5(05).

M Arifin. (1995). Pengembangan Program Pengajaran Bidang Studi Kimia. Airlangga University Press.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2007). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru (Terjemahan). In Penerbit Universitas Indonesia.

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis proses pembelajaran dalam jaringan (daring) masa pandemi covid-19 pada guru sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870.

Rahayu, J., & Solihatin, E. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Online Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 5(1), 13–28.

Suwandi, S. (2009). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan penulisan karya ilmiah. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon, 13, 10–11.

Suyadi. (2012). Buku Panduan Guru Profesional Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Andi Yogyakarta.

Utami, I. S. (2016). Implementasi e-learning menggunakan cms moodle untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Jurnal Komputer Terapan, 2(2), 169–178.




DOI: http://dx.doi.org/10.47736/tajdidukasi.v12i1.327

Article Metrics

Abstract view : 531 times
PDF - 82 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 ISTIQOMAH FENICA YUSNITA SARI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

TAJDIDUKASI: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan

ISSN 1979-6943 (print) | 2614-1361 (online)
Organized by Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM DIY
Published by Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY
Website : https://www.tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi/index
Email : [email protected]

Creative Commons License
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi.

Visitor Statistic