Peningkatan hasil belajar daring materi mitigasi bencana melalui media video pembelajaran youtube

Susanti Susanti

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan media pembelajaran youtube untuk meningkatkan hasil belajar daring pada materi Mitigasi Bencana. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Observasi untuk mengetahui kegiatan guru dan siswa selama pelaksanaan pembelajaran menggunakan video pembelajaran youtube sedang tes dilakukan setelah pembelajaran bertujuan untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media video pembelajaran youtube dapat meningkatkan presetasi belajar siswa dalam pembelajaran daring. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan jumlah siswa yang mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Pada siklus I ada 47% siswa yang tuntas dan pada siklus II meningkat menjadi 90%. Presetasi belajar siswa mengalami peningkatan karena media video pembelajaran youtube lebih mudah dipahami dan dapat ditanyangkan berulang-ulang oleh siswa.

Keywords


Pembelajaran daring; Video pembelajaran youtube; Prestasi balajar

Full Text:

PDF

References


Alimuddin, A., & Nadjib, M. (2015). Intensitas Penggunaan E-learning dalam Menunjang Pembelajaran Mahasiswa Program Sarjana (S1) di Univeristas Hasanuddin. KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 387–398.

Anderson, R. E. (2008). Implications of the information and knowledge society for education. In International handbook of information technology in primary and secondary education (pp. 5–22). Springer.

Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi VII. Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.

Arsyad, A. (2013). Media pembelajaran; Edisi revisi. PT. Rajagrafindo Persada.

Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2015). Esensi Penyusunan Materi Pembelajaran Daring. Deepublish.

Burgess, J., & Green, J. (2009). YouTube e a revolução digital. In São Paulo: Aleph.

Darmadi, H. (2011). Metode penelitian pendidikan. Alfabeta.

Ely, G. (1980). Teaching & Media: A Systematic Approach. by VS Gerlach & DP Ely, 1980. Boston, MA: Allyn and Bacon. Copyright.

Faiqah, F., Nadjib, M., & Amir, A. S. (2016). Youtube sebagai sarana komunikasi bagi komunitas makassarvidgram. KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 259–272.

Imanuddin, N. (2020). Model Pembelajaran Cooperative Script Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Materi Bumi Sebagai Ruang Kehidupan. Attractive: Innovative Education Journal, 1(2), 26–42.

Irwansyah, I. (2018). Penyelenggaraan Sistem Pendidikan Tinggi Jarak Jauh di Perguruan Tinggi Swasta. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia), 2(1), 39–50.

Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). Introducing critical participatory action research. In The action research planner (pp. 1–31). Springer.

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan model pembelajaran daring dalam perkuliahan bahasa Indonesia di perguruan tinggi. Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 99–110.

Muhibbin, S. (2010). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. In Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurita, N., & Yamin, M. Y. M. (2018). Kendala-kendala Guru dalam Mengimplementasikan kurikulum 2013 di SD Negeri 7 Teupah Barat Kabupaten Simeulue. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(4).

Primananda, R., & Hamid, A. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Oleh Guru Geografi Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Negeri 5 Model Palu. Jurpis: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 18(1), 15–43.

Rusman, M. (2011). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Raja Farindo Persada.

Sparks, C. (2015). Effective Use Of Video Clips Usi. Diakses Dari Http://Cynthiasparks. Tripod. Com/Effective Use of Video Clips Usi. Httm Pada Tanggal, 26.

Sudjana, N. (1995). Penilaian hasil proses belajar mengajar. PT Remaja Rosdakarya.

Sudjana, N. (2006). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. In Algesindo Offset. Sinar Baru.

Suharsimi Arikunto, et al. (2006). Research Action Class. Rineka Copyright.

Susanto, A. (n.d.). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar,(Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013).(2015). Análisis de compensación de emisiones de co2 por medio de un proyecto de reciclaje de pet en Enka de Colombia. Biomass Chem Eng, 49(23–6), 22–23.

Sutrisno Hadi. (1993). Metodologi Reseach (Jilid I, Cet.XXIV). Andi Offset.

Wigati, S., Rahmawati, D. S., & Widodo, S. A. (2018). Pengembangan youtube pembelajaran berbasis Ki Hadjar Dewantara untuk materi integral di SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia.

Yustisia, T. P. (2007). Panduan lengkap KTSP. Yogyakarta: Pustaka Yustisia.




DOI: http://dx.doi.org/10.47736/tajdidukasi.v12i1.328

Article Metrics

Abstract view : 499 times
PDF - 74 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 susan santi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

TAJDIDUKASI: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan

ISSN 1979-6943 (print) | 2614-1361 (online)
Organized by Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM DIY
Published by Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY
Website : https://www.tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi/index
Email : [email protected]

Creative Commons License
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi.

Visitor Statistic