Implementasi Metode IDEAL Problem Solving dengan Video dalam Pembelajaran Fisika Materi Suhu dan Kalor pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta

Khawarizmy Mahfudz

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui metode IDEAL Problem Solving dengan video pembelajaran (1) dapat diterapkan dalam pembelajaran fisika materi suhu dan kalor di masa pandemi Covid-19 dan (2) dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada kelas virtual atau online. Penelitian ini menggunakan model Hopkins yang dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta yang berjumlah 35 siswa. Analisis hasil belajar siswa dilakukan dengan mengolah posttest untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif siswa dalam proses pembelajaran setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran dengan metode IDEAL Problem Solving dengan video pembelajaran dapat diterapkan dalam pembelajaran fisika materi suhu dan kalor di masa pandemi Covid-19 dan (2) dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa dengan nilai rata-rata sebesar 79 dengan persentase ketuntasan 74,29 % pada siklus I dan mengamali kenaikan menjadi 97,14 % pada siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 92.

Keywords


IDEAL Problem Solving; Video pembelajaran; Kemampuan kognitif

Full Text:

PDF

References


Agustini, P. P., Kristiantari, M. G. R., & Putra, D. B. K. T. N. G. R. S. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Menyimak Tema Sejarah Peradaban Indonesia pada Siswa Kelas V Sdn 8 Sumerta. Mimbar PGSD Undiksha, 4(1).

Ayudha, C. F. H., & Setyarsih, W. (2021). Studi Literatur: Analisis Praktik Pembelajaran Fisika Di Sma Untuk Melatih Keterampilan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 11(1), 16–28.

Maison, M., Asrial, A., & Syaiful, S. (2015). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa pada materi Fisika melalui Kegiatan Lesson study di smp 17 kota jambi. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 30(4), 55–60.

Prasetya, A., & Widodo, A. T. (2012). Model Ideal Problem Solving untuk Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah di Kelas Olimpiade. Lembaran Ilmu Kependidikan, 41(1).

Risni, R., Hutahaean, S. D. T., & Bustan, A. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) pada Materi Pokok Suhu dan Kalor. Bahana Pendidikan: Jurnal Pendidikan Sains, 3(1), 1–9.

Tarigan, J. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Bantuan Media Video Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI IIS SMA Negeri 1 Singaraja. Journal of Education Action Research, 2(2), 123–133.

Utomo, K. D., Soegeng, A. Y., Purnamasari, I., & Amaruddin, H. (2021). Pemecahan Masalah Kesulitan Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 1–9.

Wicaksana, M. F., Kurniasari, N., & Sudiatmi, T. (2021). Learning Machine System (LMS) SPADA untuk adaptasi pengajaran online. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 5(1), 57–67.




DOI: http://dx.doi.org/10.47736/tajdidukasi.v11i2.330

Article Metrics

Abstract view : 180 times
PDF - 54 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Khawarizmy Mahfudz

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

TAJDIDUKASI: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan

ISSN 1979-6943 (print) | 2614-1361 (online)
Organized by Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM DIY
Published by Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY
Website : https://www.tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi/index
Email : [email protected]

Creative Commons License
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi.

Visitor Statistic