Implementasi model pembelajaran Question Student Have (QSH) dalam pembelajaran sejarah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPS 2 di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2020/2021

Sania Palupi, Siti King Harta Lestari

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi dari kondisi rendahnya motivasi belajar siswa kelas XI IPS 2, SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta tahun ajaran 2019/2020. Hal ini terlihat dari masih banyaknya siswa yang Pembelajaran Sejarah berhalangan hadir dalam proses pembelajaran dan siswa yang terlambat atau tidak mengumpulkan tugas mata pelajaran Sejarah. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa XI IPS 2 di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta dengan menerapkan model pembelajaran Question Student Have (QSH). Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Adapun siklus yang diterapkan adalah 2 siklus. Sebelum memasuki siklus, penyusun melakukan penelitian pra siklus untuk mengetahui kondisi awal siswa. Pada siklus pertama, digunakan model pembelajaran QSH. Sedangkan siklus kedua, pembelajaran menggunakan metode QSH dengan penambahan hadiah. Penyusun menggunakan lembar angket, observasi, dokumentasi, dan paket soal sebagai alat ukurnya. Hasil penelitian ini adalah metode QSH dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah di kelas XI IPS 2, SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Adapun rincian tersebut terlihat dari meningkatnya kehadiran siswa dari pra siklus yang hanya terdapat 20 siswa, meningkat menjadi 21 siswa di siklus pertama, dan 29 siswa di siklus kedua. Hasil angket pun menunjukkan peningkatan dari siklus 1 yang hanya 74,11% menjadi 79,87% di siklus kedua. Antusiasme siswa dalam keaktifan di dalam kelas pun terlihat dari hasil pengamatan.

Keywords


Motivasi Model Pembelajaran; Student Question Have (QSH); Pembelajaran Sejarah

Full Text:

PDF

References


Almuttaqi, A. I. (2020). Kekacauan Respons terhadap COVID-19 di Indonesia. In Thc Insigjts (Vol. 13).

Aslamiyah, S., & Wiyanarti, E. (n.d.). Penerapan strategi active learning tipe quiz team untuk menumbuhkan karakter rasa ingin tahu siswa dalam pembelajaran sejarah (Penelitian Siklus Kelas: X MIIA 3 SMA Kartika XIX-1 Bandung). FACTUM: Jurnal Sejarah Dan Pendidikan Sejarah, 6(1).

Juhji, J., Anggraeni, D., & Fachmi, T. (2021). Investigating Science Learning in Elementary Schools: Class Action Research on SAVI Learning Models. Indonesian Journal of Elementary Teachers Education, 2(1).

Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan karakter pada pembelajaran daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8–19.

Santosa, T. A. (2020). Analisis masalah pendidikan biologi pada sekolah menengah pertama di era pandemi covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2), 273–278.

Suharsimi Arikunto, et al. (2006). Research Action Class. Rineka Copyright.

Susilo, A., & Isbandiyah, I. (2019). Peran Guru Sejarah dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Anak Era Globalisasi. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(2), 171–180.

Vianata, H. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Question Student Have Terhadap Hasil Belajar IPS Sejarah Siswa. Indonesian Journal of History Education, 1(1).

Zusnani, I., & Murfi, A. (2020). Strategi Pembelajaran Aktif Question Student Have (QSH) Pada Mata Pelajaran Fiqh di MTs Negeri 9 Bantul. Edulab: Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 5(1), 84–102.




DOI: http://dx.doi.org/10.47736/tajdidukasi.v11i2.333

Article Metrics

Abstract view : 150 times
PDF - 57 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Siti King Harta Lestari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

TAJDIDUKASI: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan

ISSN 1979-6943 (print) | 2614-1361 (online)
Organized by Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM DIY
Published by Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY
Website : https://www.tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi/index
Email : [email protected]

Creative Commons License
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi.

Visitor Statistic