Peningkatan aktivitas belajar melalui implementasi media virtual laboratorium kimia pada masa pandemi covid-19

Firdiawan Ekaputra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar peserta didik kelas XI materi asam basa SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta melalui implementasi media laboratirum virtual kimia pada masa Covid-19. Penelitian ini mengambil jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilakukan sebanyak dua siklus. Teknik dari jenis pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi partisipatif, catatan lapangan, dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari lembar observasi dan catatan lapangan, sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media laboratorium virtual kimia dapat meningkatkan aktivitas belajar kimia peserta didik kelas XI MIPA 8 SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2020/2021 yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase rerata aktivitas belajar kimia yang signifikan, yaitu 15,07%.

Keywords


Laboratorium Virtual Kimia; Aktivitas Belajar Kimia; Penelitian Tindakan Kelas

Full Text:

PDF

References


Ali, M. S., Iqbal, A., Muhammad, M., & Akhtar, S. (2018). Students ’ Attitude towards Science and its Relationship with Achievement Score at Intermediate Level. Journal Elementary of Education, 25(2), 61–72.

Arikunto, S. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara. https://doi.org/10.21831/jpai.v6i1.1793

Azis, A., & Yusuf, I. (2013). Aktivitas dan persepsi peserta didik dalam implementasi laboratorium virtual pada materi Fisika Modern di SMA. Berkala Fisika Indonesia: Jurnal Ilmiah Fisika, Pembelajaran Dan Apliksinya, 5(2), 37–42.

Aziz, A., & Yusuf, I. (2013). Aktivitas Dan Persepsi Peserta Didik Dalam Implementasi Laboratorium Virtual Pada Materi Fisika Modern Di Sma. Berkala Fisika Indonesia, 5(2), 37–42.

Dobrzański, L. A., & Honysz, R. (2007). Materials science virtual laboratory as an example of the computer aid in materials engineering. Journal of Achievements in Materials and Manufacturing Engineering, 24(2), 219–222.

Hafsyah, S. N., Prihandono, T., & Yushardi. (2012). Penerapan model pembelajaran kolaboratif dengan Media Sederhana Pada Pembelajaran Fisika Di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(2), 160.

Keengwe, J., & Georgina, D. (2012). The digital course training workshop for online learning and teaching. Education and Information Technologies, 17(4), 365–379. https://doi.org/10.1007/s10639-011-9164-x

Mulyasa, E. (2009). Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Remaja Rosdakarya.

Sanjawa, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Strandar Proses Pendidikan. Kencana Perdana Media.

Swandi, A., Hidayah, S. N., & Irsan, L. J. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Laboratorium Virtual untuk Mengatasi Miskonsepsi Pada Materi Fisika Inti di SMAN 1 Binamu, Jeneponto (Halaman 20 sd 24). Jurnal Fisika Indonesia, 18(52).

Swandi, A., Nurul Hidayah, S., & Irsan, L. J. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Laboratorium Virtual untuk Mengatasi Miskonsepsi Pada Materi Fisika Inti di SMAN 1 Binamu, Jeneponto (Halaman 20 s.d. 24). Jurnal Fisika Indonesia, 18(52), 21. https://doi.org/10.22146/jfi.24399

Tatli, Z., & Ayas, A. (2013). Effect of a Virtual Chemistry Laboratory on Students ’ Achievement. Educational Technology & Society, 16(1), 159–170.

Tseng, M. L., Lin, R. J., & Chen, H. P. (2011). Evaluating the effectiveness of e-learning system in uncertainty. Industrial Management and Data Systems, 111(6), 869–889. https://doi.org/10.1108/02635571111144955

Yuniarti, F., Dewi, P., & Susanti, R. (2012). Pengembangan Virtual Laboratory Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Komputer Pada Materi Pembiakan Virus. Journal of Biology Education, 1(1), 28–35. https://doi.org/10.15294/jbe.v1i1.371




DOI: http://dx.doi.org/10.47736/tajdidukasi.v12i1.334

Article Metrics

Abstract view : 337 times
PDF - 92 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Firdiawan Ekaputra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

TAJDIDUKASI: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan

ISSN 1979-6943 (print) | 2614-1361 (online)
Organized by Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM DIY
Published by Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY
Website : https://www.tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi/index
Email : tajdidukasi@gmail.com

Creative Commons License
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi.

Visitor Statistic