Upaya meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI MIPA SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta pada materi persamaan lingkaran menggunakan konteks permainan putar koin

Dewi Malihatud Darojah, Fathurrahman Fathurrahman

Abstract


Prestasi belajar merupakan salah satu indikator keberhasilan pembelajaran di sekolah. Konsep matematika yang dianggap begitu abstrak memerlukan pendekatan realistik agar siswa lebih memahami konsep yang sedang mereka pelajari. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas XI dalam pembelajaran materi lingkaran. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIPA 5 SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase prestasi belajar pada saat pra siklus adalah 57,71%, kemudian pada Siklus I mengalami peningkatan menjadi 74,91%, dan mengalami peningkatan kembali pada Siklus II sebesar 85,11%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan PMRI dengan konteks Permainan Putar Koin dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas XI MIPA 5 SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta.

Keywords


Prestasi Belajar Matematika; Lingkaran; PMRI; Permainan Putar Koin; Penetilian Tindakan Kelas

Full Text:

PDF

References


Fitri, R. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan konstruktivisme untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep pada materi persamaan lingkaran. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 241–257.

Hadi, S. (2017). Pendidikan matematika realistik. PT RajaGrafindo Persada.

Hidayat, T., & Kosasih, A. (2019). Analisis peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan republik indonesia nomor 22 tahun 2016 tentang standar proses pendidikan dasar dan menengah serta implikasinya dalam pembelajaran pai di sekolah. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 45–69.

Lestariningsih, L., Anwar, M., & Setiawan, A. M. (2015). Investigating the Act of Design in Discharge Concept Using Pmri. Journal on Mathematics Education, 6(2), 129–138.

Nurdiansyah, N., & Prahmana, R. C. I. (2017). Pembelajaran keliling lingkaran menggunakan konteks gelas. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 128–140.

Palupi, E. L. W. (2017). Pendekatan pendidikan matematika realistik indonesia berbantuan puzzle tangram untuk mengajarakan luas bangun datar gabungan. Jurnal Elemen, 3(2), 138.

Risdiyanti, I., & Prahmana, R. C. I. (2018). Desain hypothetical learning trajectory dalam pembelajaran rotasi menggunakan motif batik Kawung. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 19–32.

Sa’adah, U., & Ariati, J. (2020). Hubungan antara student engagement (keterlibatan siswa) dengan prestasi akademik mata pelajaran matematika pada siswa kelas XI SMA Negeri 9 Semarang. Jurnal Empati, 7(1), 69–75.

Sari, P. P. (2016). Analisis Kasus Rendahnya Prestasi Belajar Matematika Siswa pada Materi Irisan Kerucut dan Solusi Pemecahannya di Kelas XI IA 2 SMA IT Nur Hidayah. Statistika, 85, 75.

Wardani, E. P., Mardiyana, M., & Subanti, S. (2016). Analisis miskonsepsi siswa pada materi pokok lingkaran ditinjau dari kesiapan belajar dan gaya berpikir siswa kelas XI IPA SMA N 3 Surakarta tahun ajaran 2013/2014. Jurnal Pembelajaran Matematika, 4(3).

Yusup, M. (2010). Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Lembar Kerja Siswa (LKS) Interaktif Berbasis Komputer di SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2).

Zulkardi, Z., & Puri, R. I. I. (2006). Mendesain sendiri soal kontekstual matematika.




DOI: http://dx.doi.org/10.47736/tajdidukasi.v10i2.337

Article Metrics

Abstract view : 205 times
PDF - 70 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Dewi Malihatud

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

TAJDIDUKASI: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan

ISSN 1979-6943 (print) | 2614-1361 (online)
Organized by Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM DIY
Published by Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY
Website : https://www.tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi/index
Email : [email protected]

Creative Commons License
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi.

Visitor Statistic