Ajaran Tri-N Ki Hajar Dewantoro berbantuan LKS terstruktur untuk meningkatkan hasil belajar matematika

Slamet Widada

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar materi bilangan siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 2 Depok tahun 2019/2020 dengan menerapkan ajaran Tri-N Ki Hajar Dewantara berbantuan LKS terstruktur pada materi bilangan. Data penelitian tindakan kelas diperoleh dengan cara observasi (pengamatan dan pencatatan), dokumentasi proses pembelajaran, angket siswa, dan hasil belajar siswa. Data yang telah dikumpulkan pada siklus I, didiskusikan bersama observer dan pendamping, kemudian dilakukan tindakan perbaikan pada siklus II. Data yang dikumpulkan pada siklus I dan II dibandingkan, dibahas, dan disimpulkan, bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa, rata-rata nilai meningkat dari 70,21 menjadi 77,50, sedangkan jumlah siswa yang mencapai KKM dari 50% menjadi 84%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa ajaran Tri-N Ki Hajar Dewantoro berbantuan LKS Terstruktur dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi bilangan pada siswa kelas IXA SMP Muhammadiyah 2 Depok tahun 2019/2020, dengan peningkatan pencapaian KKM dari 50% menjadi 84%. Hasil capaian ini di atas kriteria yang ditetapkan 70%. Sehingga ajaran Tri-N Ki Hajar Dewantoro berbantuan LKS terstruktur ini dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran matematika agar hasil belajarnya meningkat.

Keywords


Ajaran tri-N; LKS Terstruktur; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Agustina, D. (2011). Studi Komparasi Metode Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Dan Student Teams-Achievement Divisions (STAD) dilengkapi Lembar Kerja Siswa (LKS) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Materi Pokok hidrokarbons Kelas X SMA batik 1 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2. In Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ahmad Susanto, M. P. (2016). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Kencana.

Arsyad, A. (2013). Media pembelajaran; Edisi revisi. PT. Rajagrafindo Persada.

Buantarno, Dwiarso, S. (2012). Buku saku: Tamansiswa badan perjuangan kebudayaan & pembangunan masyarakat. In Yogyakarta: Perguruan Tamansiswa.

Marisyah, A., Firman, F., & Rusdinal, R. (2019). Pemikiran Ki Hadjar Dewantara tentang Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(3), 1514–1519.

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Diva Press.

Rusman, M. (2011). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Raja Farindo Persada.

Sudjana, N. (2006). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. In Algesindo Offset. Sinar Baru.

Supratiknya, A. (2012). Penilaian hasil belajar dengan teknik nontes. In Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Trianto, M. M. P. I.-P. (2011). Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), cet. Ke-4, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.47736/tajdidukasi.v10i2.339

Article Metrics

Abstract view : 375 times
PDF - 157 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Slamet Widada

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

TAJDIDUKASI: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan

ISSN 1979-6943 (print) | 2614-1361 (online)
Organized by Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM DIY
Published by Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY
Website : https://www.tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi/index
Email : [email protected]

Creative Commons License
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi.

Visitor Statistic