Peningkatan kreativitas belajar biologi menggunakan model discovery learning pada siswa sekolah menengah atas

Sri Laspitorini

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas belajar Biologi dengan menggunakan model Discovery Learning pada siswa  kelas  XI MIA-1 SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta.  Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research).  Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, siklus I dan siklus II. Masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari empat tahap yaitu  perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Siswa yang dijadikan subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta tahun pelajaran 2016- 2017 pada semester ganjil, dan peneliti menggunakan sampel kelas XI MIA-1 yang berjumlah 38 siswa, yang terdiri dari 20 siswa putri dan 18 siswa putra. Tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi serta catatan lapangan. Analisis data dilakukan  dengan metode  analisis deskriptif  kualitatif yaitu dengan membandingkan kreativitas siswa dalam pembelajaran biologi pada siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kreativitas siswa dalam belajar biologi yang dapat dilihat dari: hasil penilaian kreativitas siklus I pertemuan pertama 51 %, pada pertemuan ke dua 63 %. Pada siklus II pertemuan pertama 75 % dan pertemuan kedua menjadi 81,3%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran Biologi.


Keywords


kreativitas; biologi; analisa deskriptif kualitatif; model Discovery Learning

Full Text:

Fulltext PDF

References


Guilford, J. P. (1950). Creativity. American Psychologist, 5(9), 444.

Hamalik, O. (2010). Inovasi pendidikan: Perwujudannya dalam sistem pendidikan nasional. YP. Permindo.

Madya, S. (2006). Teori dan praktik penelitian tindakan. Alfabeta.

Munandar, U. (2014). Pengembangan kreativitas anak berbakat. Rineka Cipta.

Prasetya, S. P. (2014). Memfasiltasi pembelajaran berpusat pada siswa. Jurnal Geografi, 12(1), 1–12.

Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, Pub. L. No. 20, Undang-Undang Republik Indonesia 26 (2003).

Setiana, E. (2016). Penerapan model project based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa SMA kelas XI [Universitas Negeri Semarang]. http://lib.unnes.ac.id/26700/

Syarif, M. (2015). Materi pelatihan guru Implementasi Kurikulum 2013 tahun 2015. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.




DOI: http://dx.doi.org/10.47736/tajdidukasi.v9i2.34

Article Metrics

Abstract view : 227 times
Fulltext PDF - 150 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 TAJDIDUKASI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

TAJDIDUKASI: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan

ISSN 1979-6943 (print) | 2614-1361 (online)
Organized by Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM DIY
Published by Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY
Website : https://www.tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi/index
Email : [email protected]

Creative Commons License
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi.

Visitor Statistic