Penerapan metode reward dan punishment dengan kombinasi STAD untuk meningkatkan motivasi belajar di masa pandemi covid-19 pada siswa kelas XI IPS MA Darul ‘Ulum Muhammadiyah Galur

Muhammad Ridwan Aziz

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPS dalam kondisi darurat Covid-19 melalui penerapan reward dan punishment dengan kombinasi STAD pada pembelajaran Sosiologi di Madrasah Aliyah Darul ‘Ulum Muhammadiyah Galur. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Model penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan Tagart. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS MA Darul ‘Ulum Muhammadiyah Galur, berjumlah 16 siswa. Objek penelitian adalah reward, punishment, dan motivasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Pemberian reward berupa pujian, emoticon WhatsApp, hadiah, dan penghargaan. Pemberian punishment berupa punishment preventif dan punishment represif. Rerata motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 59,38% dengan kategori motivasi belajar sedang dan pada akhir siklus II persentase motivasi belajar siswa 72,82% dengan kategori motivasi belajar baik. Peningkatan persentase motivasi belajar dari awal siklus I hingga akhir siklus II sebesar 16,88%. Hasil penelitian dari awal siklus I hingga akhir siklus II menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa meningkat 16,88% setelah diberikan tindakan pemberian reward dan punishment dengan kombinasi STAD.

Keywords


reward; punishment; motivasi belajar; STAD

Full Text:

PDF

References


Al Qoyumi, S. (2020). Efektifitas penggunaan strategi reward and punishment dalam pembelajaran bahasa arab untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Himmatul Ummah Tapung Kampar. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi belajar siswa SMA pada pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140.

Febianti, Y. N. (2018). Peningkatan motivasi belajar dengan pemberian reward and punishment yang positif. Edunomic: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 93–102.

Febrianti, S. (2014). Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Kerja Serta Dampaknya Terhadap Kinerja (studi pada karyawan PT. Panin Bank Tbk. Area Mikro Jombang). Brawijaya University.

Heryanto. (2020). Upaya Meningkatkan Kinerja Guru dalam Pembelajaran melalui Penerapan Reward And Punishment di SMK Negeri 1 Mojosongo Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Cerdik Cendikia, 2(1), 83–96.

Innafingah, N. (2015). Hubungan pemberian reward dan punishment dengan hasil belajar fiqih siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri Purworejo tahun pelajaran 2014/2015. IAIN Salatiga.

Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). Introducing critical participatory action research. In The action research planner (pp. 1–31). Springer.

Melinda, I. (2018). Pengaruh reward dan punishment terhadap motivasi belajar siswa kelas IV A SDN Merak I pada mata pelajaran IPS. International Journal of Elementary Education, 2(2), 81–86.

Permata Sari, A. (2019). pengaruh metode reward dan punishment terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Tahfidz di SDIT Al-Qalam Bengkulu Selatan. IAIN Bengkulu.

Putra, R. P., Ninghardjanti, P., & Rapih, S. (2018). Pemberian Reward Dan Punishment Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Kearsipan Kelas X Administrasi Perkantoran SMK Wikarya Karanganyar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Administrasi Perkantoran.

Rofiqi, M. Z. R. U. R. (2021). Reward dan punishment: konsep dan aplikasi. CV Literasi Nusantara Abadi.

Sardiman. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Rajawali Pers.

Sari, I. F. (2017). Pemberian Reward dan Punishment dengan Kombinasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Mlati. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 6(1), 1–8.

Sari, R. P., Tusyantari, N. B., & Suswandari, M. (2021). Dampak pembelajaran daring bagi siswa sekolah dasar selama covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 9–15.

Sulistiyawati, E., & Yahya, M. (2020). Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Surakarta. IAIN Surakarta.

Wiriaatmadja, R. (2005). Metode penelitian tindakan kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya, 3(3.20), 3–40.




DOI: http://dx.doi.org/10.47736/tajdidukasi.v11i2.343

Article Metrics

Abstract view : 249 times
PDF - 81 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muhammad Ridwan Aziz

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

TAJDIDUKASI: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan

ISSN 1979-6943 (print) | 2614-1361 (online)
Organized by Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM DIY
Published by Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY
Website : https://www.tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi/index
Email : [email protected]

Creative Commons License
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi.

Visitor Statistic