Penerapan metode mind mapping untuk meningkatkan motivasi belajar PPKN siswa kelas IX A SMP Muhammadiyah Turi tahun ajaran 2019/2020

Ashari Ashari

Abstract


Motivasi belajar menjadi bagian penting dalam upaya meningkatkan prestasi pedagogik peserta didik. Maka ketika dalam satu kelas mengalami penurunan semangat belajar, perlu dicarikan solusi. Agar KBM dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Maka Mind Mapping ini menjadi salah satu cara untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan bahwa Mind mapping adalah alat pilihan untuk menajamkan ingatan karena menggunakan Imajinasi dan Asosiasi. Metode Mind mapping diyakini dapat menarik perhatian dan membantu memudahkan peserta didik dalam menghafal materi. Konsep pembelajaran Mind mapping ini merupakan solusi alternatif terbaik dan sangat tepat jika diterapkan dalam proses pembelajaran karena memberikan berbagai kemudahan dalam belajar, seperti pemahaman konsep, menjadikan proses pembelajaran menjadi lebih menarik.

Keywords


Motivasi Belajar; Mind Mapping; Konsep; Imajinasi dan Asosiasi

Full Text:

PDF

References


Aryani, L., Widayat, E., & Sunardjo, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Cooperative Learning Tipe Jigsaw terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2).

Aziz, A. (2015). Peningkatan mutu pendidikan. Jurnal Studi Islam, 10(2), 1–13.

Buzan, T. (2006). Mind mapping. Pearson Education.

Matondang, Z. (2009). Validitas dan reliabilitas suatu instrumen penelitian. Jurnal Tabularasa, 6(1), 87–97.

Reta, I. K. (2012). Pengaruh model pembelajaran Berbasis masalah terhadap keterampilan berpikir Kritis ditinjau dari Gaya kognitif siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 2(1).

Sariningsih, R. (2014). Pendekatan kontekstual untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa SMP. Infinity Journal, 3(2), 150–163.

Sriyati, S., & Si, M. (2010). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). In Bandung: Pustaka Book.

Suharsimi Arikunto, et al. (2006). Research Action Class. Rineka Copyright.

Widuri, E. (2012). Perbandingan Pengajaran Dengan Menggunakan KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi) Dan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Basastra, 1(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.47736/tajdidukasi.v12i1.344

Article Metrics

Abstract view : 42 times
PDF - 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Hari Ashari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

TAJDIDUKASI: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan

ISSN 1979-6943 (print) | 2614-1361 (online)
Organized by Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM DIY
Published by Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY
Website : https://www.tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi/index
Email : tajdidukasi@gmail.com

Creative Commons License
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi.

Visitor Statistic