Penerapan model pembelajaran teaching factory untuk meningkatkan kompetensi profesional guru kejuruan

Panjang Triyono, Suyadi Suyadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi profesional guru kejuruan dalam melaksanakan pembelajaran kejuruan untuk mencapai siswa yang kompeten sesuai standar industri. Dengan menggunakan jenis Penelitian Tindakan Sekolah (PTS), empat guru kejuruan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor menerapkan Model Pembelajaran Teaching Factory. Pengamatan pembelajaran dilaksanakan pada tahapan pra siklus, siklus 1 dan siklus 2 dengan protokol pencegahan Covid-19. Pada pra siklus digunakan untuk mengetahui kondisi awal guru Selain itu peneliti mengamati perangkat pembelajaran guru. Dari data data pengamatan tersebut kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menujukkan Model Pembelajaran Teaching Factory dapat meningkatkan kompetensi profesional guru kejuruan, dengan diperolehnya data kenaikan prosentase keberhasilan kegiatan untuk mengukur kompetensi profesional guru yaitu pada aspek Menguasai Materi Pembelajaran Teknik dan Bisnis Sepeda Motor, Menguasai Tahapan Pembelajaran TEFA dan Mengguasai Penggunaan Media Pembelajaran. Peningkatan kompetensi profesional ini dilihat dengan membandingkan pencapaian prosentase pada pra-siklus, siklus 1, dan siklus 2. Penelitian juga menunjukan bahwa dengan Penelitian Tindakan Sekolah dapat menaikan prosentase keberhasilan pembelajaran yang dilakukan guru. Hal ini dapat dilihat pada siklus 2 semua guru yang diteliti telah mencapai indikator keberhasilan pembelajaran yaitu untuk guru A, B, C, dan D masing masing sebesar 86%, 79%, 79% dan 78%.

Keywords


Teaching Factory; Kompetensi Guru; Sekolah Kejuruan; Teknik dan Bisnis sepeda Motor

Full Text:

PDF

References


Afandi M., Chamalah E., Wardani, O.P., 2013, Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah, Unissula, Semarang

Dharma S., Sugiyono, Mulyatiningsih E., Sutopo, Irwanto, Palunsu J. E., Triatmojo P. Siswanto R., 2013, Tantangan Guru SMK Abad 21, Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Menengah Direktorat Jenderal Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta

Gregson, J. A., & Bettis, P. J. (1991). Secondary Trade and Industrial Education Work Values Instruction: Emancipatory or Indoctrinational?.

Hatta M., 2012, Penelitian Tindakan Sekolah, Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan Pengembangan Sumber daya Manusia dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta

Hidayat M. D, 2015, Model Pembelajaran Teaching Factory 6 Langkah, Bandung

Huda M., , 2017, Model – Model Pengajaran dan Pembelajaran, Pustaka Pelajar, Yogyakarta

Kurniawan, R. (2014). Pengaruh penerapan model pembelajaran teaching factory 6 Langkah (TF-6M) dan prestasi belajar kewirausahaan terhadap minat wirausaha (Penelitian pada siswa kelas XII angkatan 2011/2012 Kompetensi Keahlian Patiseri SMK Negeri 9 Bandung). Universitas Pendidikan Indonesia.

Manalu S.R.I, Hermanto S., Duling J.R., Siswandi G., Supriyadi., Siahaan A.P., 2017, Tata Kelola Pelaksanaan Teaching Factory, Direktorat Pembinaan SMK, Jakarta.

Sajidan, Martono T., Suharno, Widyo L. P., Danur I.F, 2017, Konseptual Model Pengembangan Kompetensi Guru Produktif SMK Berbasis Industri, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta

Siswanto, I. (2011). Pelaksanaan teaching factory untuk meningkatkan kompetensi dan jiwa kewirausahaan siswa sekolah menengah kejuruan. Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana, 6(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.47736/tajdidukasi.v11i1.345

Article Metrics

Abstract view : 313 times
PDF - 422 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Panjang Triyono, Suyadi Suyadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

TAJDIDUKASI: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan

ISSN 1979-6943 (print) | 2614-1361 (online)
Organized by Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM DIY
Published by Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY
Website : https://www.tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi/index
Email : [email protected]

Creative Commons License
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi.

Visitor Statistic