Pencapaian hasil belajar melalui model problem-based learning

Dewi Qurrotul A'yun

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA di Kelas VA-2 SD Muhammadiyah Nitikan pada materi Sistem Peredaran Darah Manusia setelah pembelajaran Model Problem Based Learning, dan untuk mendeskripsikan proses berlangsungnya pembelajaran IPA pada materi Sistem Peredaran Darah Manusia dengan menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas VA-2 SD Muhammadiyah Nitikan Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif dimana ada kolaborasi (kerjasama) antara praktisi (guru, kepala  sekolah, teman sejawat, siswa dan lain-lain) dan peneliti (dosen/widyaiswara) dalam  pemahaman, kesepakatan tentang permasalah, pengambilan keputusan yang akhirnya  melahirkan  kesamaan tindakan (action). Data yang diambil dalam penelitian ini ada 3: (1) Data hasil belajar IPA selama siklus I; (2) Data hasil belajar IPA selama siklus II; dan (3) Data keterlaksanaan model pembelajaran yang diambil menggunakan lembar observasi guru dan lembar observasi siswa yang dinilai oleh kolaboran dimana bertindak sebagai observer selama kegiatan belajar mengajar berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan nilai rata-rata  meningkat dari 73 menjadi 82. Ketuntasan belajar meningkat dari 52,78% menjadi 75 %. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas VA-2 SD Muhammadiyah Nitikan Yogyakarta.


Keywords


model pembelajaran; PBL; hasil belajar IPA; sistem peredaran darah

Full Text:

Fulltext PDF

References


Arends, R. I. (2012). Learning to teach (9th Editio). The McGraw-Hill Companies, Inc.

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2010). Penelitian tindakan kelas. Bumi Aksara.

Patmawati, H. (2011). Analisis keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran laruten elektrolit dan nonelektrolit dengan metode praktikum. Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Syarif Hidayatullah.

Rakhmawati, Y., Chamdani, M., & Suryandari, K. C. (2013). Penerapan model PBL dalam peningkatan berpikir kritis IPA siswa kelas V SD. Kalam Cendekia PGSD Kebumen, 3(2). http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/1908/1412

Sanjaya, W. (2016). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Prenada Media. https://doi.org/2008

Sulistyorini, S. (2007). Model pembelajaran IPA sekolah dasar dan penerapannya dalam KTSP. Tiara Wacana.

Suyitno, A. (2007). Pemilihan model-model pembelajaran dan penerapannya di sekolah. Jakarta: Pusdiklat Tenaga Teknis Keagamaan-Depag.




DOI: http://dx.doi.org/10.47736/tajdidukasi.v9i2.36

Article Metrics

Abstract view : 303 times
Fulltext PDF - 222 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 TAJDIDUKASI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

TAJDIDUKASI: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan

ISSN 1979-6943 (print) | 2614-1361 (online)
Organized by Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM DIY
Published by Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY
Website : https://www.tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi/index
Email : [email protected]

Creative Commons License
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi.

Visitor Statistic