Penerapan metode pembelajaraan kooperatif Jigsaw menggunakan media engine stand pada siswa SMK Muhammadiyah Cangkringan

Saryanto Saryanto

Abstract


Siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami materi tentang bahan bakar konvensional, hal ini dapat dilihat dari hasil nilai siswa yang masih di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Padahal di sekolah sudah terdapat media engine stand yang memadai dan representative. Guru yang mengajar di kelas sudah berpengalaman dalam materi bahan bakar konvensional. penelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman mengenai praktek sistem bahan bakar konvensional pada siswa smk kelas xii jurusan tenik kendaraan ringan. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian adalah kegiatan mencermati suatu objek, menggunakan aturan metodologi tertentu untuk memperoleh data yang bermanfaat bagi peneliti. Penerapan metode kooperatif Jig Show dapat meningkat kemampuan pemahaman tentang materi praktik bahan bakar konvensional. Hasil rata-rata prasiklus sebesar 71,86, siklus I rata-rata skor test sebesar 73,62, sedangkan pada siklus II rata-rata skor tes sebesar 75,05. Peningkatan terjadi setiap siklus.

Keywords


Metode Pembelajaraan Kooperatif; Jigshaw; Praktik Sistem; Bahan Bakar Konvensional; Media Engine Stand

Full Text:

Fulltext PDF

References


Aronson, E., Blaney, N., Stephin, C., Sikes, J., & Snapp, M. (1978). The jigsaw classroom. Sage Publications.

Elliot, J. (1983). Action research: A flamework for self-evaluation in school. In Schools Council Programme 2, Teacher-Pupil Interaction and the Quality of Learning Project. Cambridge Institute of Education.

Evans, E. R. (1978). Process for the polymerization of cyclic diorganopolysiloxanes with cation-complex catalysts. Google Patents.

Hamalik, O. (2002). Pendidikan guru berdasarkan pendekatan kompetensi. Bumi Aksara.

Prahmana, R. C. I. (2010). Permainan “Tepuk Bergilir” yang berorientasi konstruktivisme dalam pembelajaran. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2). http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/406

Rahayuningsih, R. S., Fajaruddin, S., & Manggalasari, L. C. (2018). The implementation of total quality management in vocational high schools. Psychology, Evaluation, and Technology in Educational Research, 1(1), 31–40. https://doi.org/10.33292/petier.v1i1.20

Rukiati, E., & Susanti, N. (2016). Pengembangan media pembelajaran bahasa Inggris di Madrasah Aliyah Annuriyah Jember. J-Dinamika, 1(1). https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v1i1.131

Slavin, R. E. (2015). Cooperative learning: Theory, research, and practice. Allyn and Bacon.

Widayanti, E. (2019). The implementation of problem based learning and jigsaw model learning to improve basic programming learning outcomes. International Journal of Education and Learning, 1(2), 89–97. https://doi.org/10.31763/ijele.v1i2.53




DOI: http://dx.doi.org/10.47736/tajdidukasi.v10i1.37

Article Metrics

Abstract view : 46 times
Fulltext PDF - 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 TAJDIDUKASI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

TAJDIDUKASI: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan

ISSN 1979-6943 (print) | 2614-1361 (online)
Organized by Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM DIY
Published by Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY
Website : https://www.tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi/index
Email : tajdidukasi@gmail.com

Creative Commons License
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi.

Visitor Statistic