Strategi team game turnamen untuk meningkatkan konsentrasi dan keaktifan belajar matematika

Slamet Widada

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan konsentrasi dan keaktifan belajar matematika konsep gradien dan persamaan garis lurus pada siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 2 Depok, dengan menerapkan model kooperatif tipe Team Group Turnamen (TGT). Data penelitian tindakan kelas diperoleh dengan cara: pengamatan, rekaman proses pembelajaran, serta angket siswa. Data yang telah dikumpulkan pada siklus I, didiskusikan bersama kolaborator, kemudian dilakukan tindakan perbaikan pada siklus II. Data yang dikumpulkan pada siklus I dan II dibandingkan, dibahas, dan disimpulkan, bahwa ada peningkatan presentasi aktif dari 69% menjadi 87%, diskusi kelompok dari 60% menjadi 90%, aktivitas peserta games turnamen dari 60% menjadi 94 %, serta hasil pengisian angket refleksi dari 72% menjadi 75%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa Model kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan konsentrasi dan keaktifan belajar matematika siswa pada konsep gradien dan persamaan garis lurus di kelas VIII A SMP Muhammadiyah 2 Depok Sleman rata-rata peningkatan dari 65% menjadi 84%. Hasil capaian ini diatas kriteria yang ditetapkan 75%. Sehingga model Kooperatif tipe TGT dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran matematika karena siswa akan lebih konsentrasi, aktif, dan menyenangi matematika karena ada unsur games turnamen.

Keywords


TGT; Konsentrasi; Keaktifan

Full Text:

Fulltext PDF

References


Ali, M. (2014). Guru dalam proses belajar mengajar. Sinar Baru Algensindo.

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2010). Penelitian tindakan kelas. Bumi Aksara.

Budiharti, B., & Jailani, J. (2014). Keefektifan model pembelajaran matematika realistik ditinjau dari prestasi belajar dan kreativitas siswa sekolah dasar. Jurnal Prima Edukasia, 2(1), 27. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i1.2642

Departemen Pendidikan Nasional. (2010). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Pusat Bahasa, Departemen Pendidikan Nasional.

Paramita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran matematika pokok bahasan segiempat menggunakan macromedia flash 8 untuk siswa kelas VII MTS Hasanuddin. UIN Raden Intan Lampung.

Salam, R. (2017). Model pembelajaran inkuiri sosial dalam pembelajaran IPS. HARMONY, 2(1), 7–12.

Sanjaya, W. (2006). Pembelajaran dalam implementasi kurikulum berbasis kompetensi. Kencana.

Slavin, R. E. (2015). Cooperative learning: Theory, research, and practice. Allyn and Bacon.

Sudjana, N. (2004). Dasar-dasar proses belajar mengajar. Sinar Baru Algensindo. https://doi.org/2004

Suherman, E. (2003). Strategi pembelajaran matematika kontemporer. Jica.

Wasida, M. R., & Hartono, H. (2018). Analisis kesulitan menyelesaikan soal model ujian nasional matematika dan self-efficacy siswa SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 82–95. https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i1.10060

Widiastini, M., Kusmariyatni, N., & Arini, N. W. (2014). Keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar IPS Siswa kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1).

Widodo, W., & Hafidz, A. (2018). Kontribusi panjang lengan, koordinasi mata tangan, dan konsentrasi terhadap ketepatan shooting pada olahraga petanque. Jurnal Prestasi Olahraga, 3(1). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-prestasi-olahraga/article/view/24070




DOI: http://dx.doi.org/10.47736/tajdidukasi.v10i1.39

Article Metrics

Abstract view : 45 times
Fulltext PDF - 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 TAJDIDUKASI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

TAJDIDUKASI: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan

ISSN 1979-6943 (print) | 2614-1361 (online)
Organized by Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM DIY
Published by Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY
Website : https://www.tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi/index
Email : tajdidukasi@gmail.com

Creative Commons License
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi.

Visitor Statistic