Meningkatkan prestasi belajar ilmu pengetahuan alam melalui pendekatan lingkungan pada siswa sekolah dasar

Inti Sukawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui pendekatan lingkungan pada siswa kelas III SD Muhammadiyah Branjang Karangmojo Gunungkidul. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan analisis secara kuantitatif dan kualitatif. Metode pengumpulan data melalui observasi dan tes. Subjek penelitian adalah siswa kelas III yang berjumlah 12 siswa pada siswa kelas III SD Muhammadiyah Branjang Karangmojo Gunungkidul. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan melibatkan teman sejawat sebagai observer. Siklus penelitian dilaksanakan sebanyak dua kali pada bulan Oktober 2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pada siklus pertama ditemukan sebagian besar siswa memperoleh nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), yaitu sebanyak 40%. 2) pada siklus kedua didapatkan perolehan nilai siswa di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dari semula dari 40% meningkat menjadi 100% dari seluruh siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan lingkungan pemahaman siswa kelas III SD Muhammadiyah Branjang meningkat secara signifikan.

Keywords


Prestasi belajar; pendekatan lingkungan; Pembelajaran IPA

Full Text:

Fulltext PDF

References


Corebima, A. D. (2006). Metakognisi: Suatu ringkasan kajian. In Pelatihan Strategi Metakognitif pada pembelajaran biologi untuk guru-guru biologi SMA.

Handarini, D. M. (2019). Kontribusi faktor-faktor non-kognitif pada prestasi belajar siswa sekolah menengah pertama. Psychology, Evaluation, and Technology in Educational Research, 1(2). https://doi.org/10.33292/petier.v1i2.22

Lastriningsih, L. (2017). Peningkatan berpikir kritis dan prestasi belajar melalui metode inquiry pada siswa kelas IV SD. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 68–78. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.7714

Mulyani, D. (2013). Hubungan kesiapan belajar siswa dengan prestasi belajar. Konselor, 2(1). https://doi.org/10.24036/0201321729-0-00

Sapriati, A. (2009). Pembelajaran IPA di SD. Universitas Terbuka.

Trowbridge, L. W., & Bybee, R. W. (1996). Teaching secondary school science: Strategies for developing scientific literacy. Simon & Schuster Books For Young Readers.

Turville, J. (2008). Differentiating by student learning preferences. Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315854694

Widyasari, A., Sukarmin, S., & Sarwanto, S. (2015). Pengembangan modul fisika kontekstual pada materi usaha, energi, dan daya untuk peserta didik kelas X SMK Harapan Kartasura. Inkuiri, 4(2), 125-134–134.




DOI: http://dx.doi.org/10.47736/tajdidukasi.v10i1.40

Article Metrics

Abstract view : 237 times
Fulltext PDF - 179 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 TAJDIDUKASI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

TAJDIDUKASI: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan

ISSN 1979-6943 (print) | 2614-1361 (online)
Organized by Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM DIY
Published by Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY
Website : https://www.tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi/index
Email : [email protected]

Creative Commons License
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi.

Visitor Statistic