Pendekatan bermain untuk meningkatkan kemampuan passing bawah permainan bola voli

Primadi Pamungkas

Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan passing bawah permainan bola voli. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I dilakukan sebanyak dua kali pertemuan dan siklus II satu kali pertemuan. Subjek adalah siswa kelas VIII C di SMP Muhammadiyah 2 Depok yang berjumlah 31 siswa terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah RPP untuk 2 siklus, lembar observasi guru peneliti, daftar nilai siswa, instrumen penilaian keterampilan pembelajaran siswa, serta dokumentasi proses belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pendekatan bermain dapat meningkatkan kemampuan passing bawah permainan bola voli pada siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 2 Depok tahun ajaran 2016/2017. Pada siklus I nilai rata-rata 50,54 meningkat menjadi 66,13 pada siklus II. Hasil proses pembelajaran dengan model bermain mampu membuat siswa menjadi bersemangat, aktif, dan rasa ingin mencoba kembali apa yang telah dilakukan, siswa yang tadinya merasa takut menerima bola menjadi lebih termotivasi mengikuti latihan passing bawah sehingga rata-rata nilai akhir yang mereka capai meningkat jika dibandingkan dengan nilai sebelum dilakukan tindakan.

Keywords


keterampilan; passing bawah; bola voli; pendekatan bermain

Full Text:

Fulltext PDF

References


Adolphus, T. (2011). Problems of teaching and learning of geometry in secondary schools in Rivers State, Nigeria. International Journal of Emerging Sciences, 1(2), 143–152. https://doi.org/http://hdl.handle.net/1893/26189

Ahmadi, N. (2007). Permainan bola voli. Era Intermedia.

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2010). Penelitian tindakan kelas. Bumi Aksara.

Beutelstahl, D. (2005). Belajar bermain bola volley. CV. Pionir Jaya.

Konstantaki, M. (2015). Applying Problem based learning in the Sports Science Curriculum. Athens Journal of Sports, 2(1), 7–16. https://doi.org/10.30958/ajspo.2-1-1

Matakupan, J. (1995). Teori bermain: Modul 1-6. Depdikbud.

Prabandaru, R. D., Lismadiana, L., & Nanda, F. A. (2020). Problem-based learning approach to improve service skills of badminton in physical education learning. International Journal of Education and Learning, 2(1), 14–24. https://doi.org/10.31763/ijele.v2i1.74

Saputra, D. I. M., & Gusniar, G. (2019). Meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli melalui bermain melempar bola. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 3(1), 64–73.

Saputra, Y. M. (2001). Pembelajaran atletik di sekolah dasar. Depdiknas.

Sarumpaet, A., Djazet, Z., & Sadikun, I. (1992). Permainan bola besar. Depdikbud.

Suharno, H. P. (1981). Metodik melatih permainan bolavoli. IKIP Yogyakarta.

Syarifuddin, A., & Muhadi, M. (1997). Pendidikan jasmani dan kesehatan. Grasindo.

Yunus, M. (1992). Olahraga pilihan bola voli. Depdikbud.




DOI: http://dx.doi.org/10.47736/tajdidukasi.v10i1.48

Article Metrics

Abstract view : 268 times
Fulltext PDF - 235 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 TAJDIDUKASI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

TAJDIDUKASI: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan

ISSN 1979-6943 (print) | 2614-1361 (online)
Organized by Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM DIY
Published by Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY
Website : https://www.tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi/index
Email : [email protected]

Creative Commons License
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi.

Visitor Statistic