Peningkatan hasil belajar PPKn melalui metode make a match kelas XII SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta

Eny Widyastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan metode pembelajaran Make A Match pada siswa kelas XII IPS 2 di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas 2 siklus, dimana setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII IPS 2 yang berjumlah 20 siswa. Pemilihan subjek penelitian dilakukan karena nilai rata-rata kelas tersebut yang paling dibandingkan dengan kelas-kelas yang lain. Teknik pengumpulan data mrnggunakan tes, observasi, wawancara, catatan lapangan. Berdasarkan hasil data yang sudah dianalisis metode pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa terlihat dari nilai rata-rata kelas siklus I adalah 78,15 dan terdapat 55% siswa sudah mencapai KKM, pada siklus II nilai rata-rata kelas adalah 83,15 dan terdapat 75 % siswa yang sudah mencapai KKM sehingga indikator keberhasilan individu dan kelas telah terpenuhi pada akhir siklus kedua. Berdasarkan hasil analisis dapat dijelaskan bahwa penerapan pembelajaran dengan metode Make A Match dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar.

Keywords


Pembelajaran PPKn; Make a match; Hasil belajar

Full Text:

Fulltext PDF

References


Asani, D. (2012). Efektifitas strategi pembelajaran MURDER terhadap partisipasi dan kemampuan berpikir analitis siswa SMA Negeri 1 Gombong pada mata pelajaran Biologi. Universitas Sebelas Maret.

Hermawan, H., Samsuri, S., Kurniawati, D. P., Sofyaningsih, V., & Prasetyo, D. (2018). The use of the controversial public issue learning model with videos and a macromedia flash player on Civic Education. Psychology, Evaluation, and Technology in Educational Research, 1(1), 19–30. https://doi.org/10.33292/petier.v1i1.2

Nurwidia, A., Haryanto, S., & Mulyoto, M. (2019). Keefektifan teams games tournament dan make a macth dalam meningkatkan hasil belajar matematika. Annals of Mathematical Modeling, 1(1), 8–15. https://doi.org/10.33292/amm.v1i1.29

Rosmala, D. M. (2015). Implementasi model pembelajaran make a match sebagai upaya meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kompetensi kejuruan multimediadi kelas X Multimedia SMK Negeri 6 Purworejo. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sudjana, D. (2001). Metode dan teknik pembelajaran partisipatif. Falah Production.

Sudjana, N. (2009). Penilaian hasil proses belajar mengajar. PT Remaja Rosdakarya.

Surya, M. (2004). Psikologi pembelajaran dan pengajaran. Pustaka Bani Quraisy.

Wahyuningsih, E., Haryanto, S., & Pardimin, P. (2019). Penerapan model pembelajaran kooperatif teknik make a match untuk meningkatkan motivasi belajar akuntansi. Teacher in Educational Research, 1(1), 35–41. https://doi.org/10.33292/ter.v1i1.8

Wena, M. (2009). Strategi pembelajaran inovatif kontemporer suatu tinjauan konseptual operasional. Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.47736/tajdidukasi.v10i1.51

Article Metrics

Abstract view : 180 times
Fulltext PDF - 158 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 TAJDIDUKASI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

TAJDIDUKASI: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan

ISSN 1979-6943 (print) | 2614-1361 (online)
Organized by Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM DIY
Published by Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY
Website : https://www.tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi/index
Email : [email protected]

Creative Commons License
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi.

Visitor Statistic