STRATEGI SOUND BRACKETING DRILL DALAM PENINGKATAN KEMAHIRAN BERBAHASA ARAB SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 MOYUDAN

Nurul Nurul Qomariyah

Abstract


ABSTRAK
Artikel ini membahas tentang penggunaan strategi sound bracketing drill untuk meningkatkan
kemahiran berbahasa Arab siswa kelas XB TKR SMK Muhammadiyah 1 Moyudan Sleman
Tahun Pelajaran 2013/2014. Bahan artikel ini diambil dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau
Classroom Action Research (CAR) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan dua kali pertemuan
terhadap 35 siswa. Hasil PTK ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan strategi sound
bracketing drill dapat meningkatkan kemahiran siswa berbicara bahasa Arab. Hal tersebut dapat
dilihat pada peningkatan nilai rata-rata siswa di dalam kelas. Sebelum tindakan, nilai rata-rata siswa
di dalam kelas adalah 69, setelah siklus I menjadi 76 dan setelah siklus II, nilai rata-rata siswa di
dalam kelas mengalami kenaikan menjadi 83.
Kata kunci : strategi, sound bracketing drill, kemahiran berbicara, bahasa Arab.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.47736/tajdidukasi.v2i2.6

Article Metrics

Abstract view : 98 times
PDF - 152 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 TAJDIDUKASI



TAJDIDUKASI: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan

ISSN 1979-6943 (print) | 2614-1361 (online)
Organized by Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM DIY
Published by Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY
Website : https://www.tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi/index
Email : [email protected]

Creative Commons License
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi.

Visitor Statistic