Peningkatan motivasi belajar matematika dengan menggunakan metode penemuan terbimbing siswa SMP

Dian Sriwidiarti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui pelaksanaan metode penemuan terbimbing dalam meningkatkan motivasi belajar matematika siswa SMP. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, menggunakan desain tindakan model Kemmis dan Taggart yang menggunakan empat komponen dalam setiap siklusnya yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IXA SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta yang berjumlah 32 siswa terdiri dari 27 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Kelas tersebut diberi perlakuan dengan menggunakan metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan motivasi belajar pada materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: terdapat peningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas IX A SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta yaitu dengan melaksanakan metode pembelajaran penemuan terbimbing dengan benar dan sesuai langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran dengan penemuan terbimbing. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil keterlaksanaan pembelajaran penemuan terbimbing mengalami peningkatan. Pada saat sebelum tindakan, hasil motivasi siswa yang tinggi dan tinggi sekali 75% atau 24 siswa. Setelah dilakukan tindakan hasil motivasi siswa yang tinggi dan tinggi sekali 96,88% atau 31 siswa.

Keywords


Motivasi; Metode penemuan terbimbing; Pembelajaran matematika

Full Text:

Fulltext PDF

References


Ali, H., & Rarini, M. (2014). Perencanaan dan strategi pembelajaran matematika. PT. Raja Grafindo Persada.

Byrnes, J. P. (2001). Cognitive development and learning in instructional contexts. Allyn & Bacon.

Dahar, R. W. (2012). Teori-teori belajar & pembelajaran. Erlangga. https://doi.org/2012

Eggen, P., & Kauchak, D. (2011). Strategies and models for teachers: Teaching content and thinking skills. Pearson Higher Ed.

Lin, S., Zhou, Y., & Wijaya, T. T. (2020). Using hawgent dynamic mathematics software in teaching arithmetic operation. International Journal of Education and Learning, 2(1), 25–31. https://doi.org/10.31763/ijele.v2i1.97

Roestiyah, N. K., & Suharto, Y. (2012). Strategi belajar mengajar. PT. Bina Aksara.

Sardiman AM. (2004). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Rajagrafindo Persada.

Turmudi, T. (2009). Taktik dan strategi pembelajaran matematika. Leuser Cita Pustaka.

Wijaya, K., & Dwitagama, D. (2012). Mengenal penelitian tindakan kelas. Indeks.




DOI: http://dx.doi.org/10.47736/tajdidukasi.v10i1.66

Article Metrics

Abstract view : 201 times
Fulltext PDF - 258 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 TAJDIDUKASI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

TAJDIDUKASI: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan

ISSN 1979-6943 (print) | 2614-1361 (online)
Organized by Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM DIY
Published by Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY
Website : https://www.tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi/index
Email : [email protected]

Creative Commons License
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi.

Visitor Statistic