PENGEMBANGAN MEDIA FLASH CARD BERBASIS MINDSCAPE PADA PEMBELAJARAN IPS DASAR BAGI MAHASISWA PGSD UAD

Kirana Prama Dewi

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan media flash card berbasis mindscape
pada pembelajaran IPS Dasar bagi mahasiswa PGSD UAD dan 2) mengetahui kelayakan
media media flash card berbasis mindscape pada pembelajaran IPS Dasar bagi mahasiswa
PGSD UAD. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and
Development (R & D). Pengembangan dilakukan mengacu pada model pengembangan Lee
& Owens melalui 5 tahapan. Tahapan tersebut meliputi Analysis, Design, Development,
Implementation dan Evaluation. Validasi produk melibatkan 1 dosen ahli media, 1 dosen
ahli materi, dan 2 teman sejawat. Subyek uji coba penelitian adalah mahasiswa PGSD
UAD tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 10 orang mahasiswa kelas IB pada uji
coba kelompok kecil. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, lembar
penilaian kelayakan media flash card berbasis mindscape, dan lembar observasi. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, penilaian produk, dan
observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan menggunakan
konversi skor menjadi data kualitatif untuk kelayakan. Hasil uji coba satu-satu dari
penilaian ahli dan teman sejawat menunjukkan media flash card berbasis mindscape
pada pembelajaran IPS Dasar layak digunakan dengan kriteria ”Sangat Layak”. Uji coba
kelompok kecil hasilnya adalah mendapat respon yang positif dengan kriteria “Sangat
Baik”.
Kata Kunci: pembelajaran IPS, media flash card, mindscape


Full Text:

PDF

References


Akbar, S. & Sriwiyana, H. (2010).

Pengembangan kurikulum dan

pembelajaran Ilmu Pengetahuan

Sosial (IPS). Yogyakarta: Cipta

Media.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran.

Jakarta: Rajawali Pers.

Cañasi, D. M., Amyot, C., & Tira, D.

(2014). Evaluating meaningful

learning using concept mapping

in Dental Hygiene Education: a

pilot study. The Journal of DentalHygiene, Februari 2014, Vol. 88,

No. 1, pg. 20.

Davies, M. (2011). Concept mapping,

mind mapping and argument mapping:

what are the differences and

do they matter?. Journal Higher

Education, September 2011, Vol.

, Issue 3, pg. 279-301.

Hyerle, D. N. & Larry, A. (Eds.). (2011).

Student successes with thinking

maps: school-based research, result,

and models for achievement

using visual tools. 2nd Ed. California:

Corwin, Sage Company.

Jennifer, E. H., & John, J. C. (2009).

Social studies is being taught in

the elementary school: a contrarian

view. Journal of Social

Studies Research. 33(2), 235-261,

diakses dari http://search.proquest.

com/docview/211068706?accoun

tid=38628

Hamalik, O. (1994). Media pendidikan.

Bandung Citra Aditya Bakti.

Margulies, N & Valenza, C. (2008).

Visual thinking: Tools for mapping

your ideas. (Tarjemahan Hartati

Widiastuti). Norwalk: Crown

House Publising Company. (Buku

asli diterbitkan tahun 2005).

Nieveen, N. (1999). Prototyping to

Reach Product Quality: Design

Approaches and Tools in Education

and Training. Dorgrecht:

Netherland Kluwer Academic

Publishers

Sudjana, N., dkk. (2010). Media Pengajaran.

Bandung: Sinar Baru

Algasindo.

Trianto. (2011). Model pembelajaran

IPS terpadu: konsep, strategi, dan

implementasinya dalam Kurikulum

Tingkat Satuan Pendidikan

(KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Winkel, W. S. (2007). Psikologi pengajaran.

Terjemahan. Yogyakarta:

Media Abadi.




DOI: http://dx.doi.org/10.47736/tajdidukasi.v7i1.78

Article Metrics

Abstract view : 124 times
PDF - 375 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 TAJDIDUKASI



TAJDIDUKASI: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan

ISSN 1979-6943 (print) | 2614-1361 (online)
Organized by Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM DIY
Published by Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY
Website : https://www.tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi/index
Email : [email protected]

Creative Commons License
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi.

Visitor Statistic