PENGEMBANGAN MEDIA FLASH CARD BERBASIS MINDSCAPE PADA PEMBELAJARAN IPS DASAR BAGI MAHASISWA PGSD UAD
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan media flash card berbasis mindscape
pada pembelajaran IPS Dasar bagi mahasiswa PGSD UAD dan 2) mengetahui kelayakan
media media flash card berbasis mindscape pada pembelajaran IPS Dasar bagi mahasiswa
PGSD UAD. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and
Development (R & D). Pengembangan dilakukan mengacu pada model pengembangan Lee
& Owens melalui 5 tahapan. Tahapan tersebut meliputi Analysis, Design, Development,
Implementation dan Evaluation. Validasi produk melibatkan 1 dosen ahli media, 1 dosen
ahli materi, dan 2 teman sejawat. Subyek uji coba penelitian adalah mahasiswa PGSD
UAD tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 10 orang mahasiswa kelas IB pada uji
coba kelompok kecil. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, lembar
penilaian kelayakan media flash card berbasis mindscape, dan lembar observasi. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, penilaian produk, dan
observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan menggunakan
konversi skor menjadi data kualitatif untuk kelayakan. Hasil uji coba satu-satu dari
penilaian ahli dan teman sejawat menunjukkan media flash card berbasis mindscape
pada pembelajaran IPS Dasar layak digunakan dengan kriteria ”Sangat Layak”. Uji coba
kelompok kecil hasilnya adalah mendapat respon yang positif dengan kriteria “Sangat
Baik”.
Kata Kunci: pembelajaran IPS, media flash card, mindscape
Full Text:
PDFReferences
Akbar, S. & Sriwiyana, H. (2010).
Pengembangan kurikulum dan
pembelajaran Ilmu Pengetahuan
Sosial (IPS). Yogyakarta: Cipta
Media.
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran.
Jakarta: Rajawali Pers.
Cañasi, D. M., Amyot, C., & Tira, D.
(2014). Evaluating meaningful
learning using concept mapping
in Dental Hygiene Education: a
pilot study. The Journal of DentalHygiene, Februari 2014, Vol. 88,
No. 1, pg. 20.
Davies, M. (2011). Concept mapping,
mind mapping and argument mapping:
what are the differences and
do they matter?. Journal Higher
Education, September 2011, Vol.
, Issue 3, pg. 279-301.
Hyerle, D. N. & Larry, A. (Eds.). (2011).
Student successes with thinking
maps: school-based research, result,
and models for achievement
using visual tools. 2nd Ed. California:
Corwin, Sage Company.
Jennifer, E. H., & John, J. C. (2009).
Social studies is being taught in
the elementary school: a contrarian
view. Journal of Social
Studies Research. 33(2), 235-261,
diakses dari http://search.proquest.
com/docview/211068706?accoun
tid=38628
Hamalik, O. (1994). Media pendidikan.
Bandung Citra Aditya Bakti.
Margulies, N & Valenza, C. (2008).
Visual thinking: Tools for mapping
your ideas. (Tarjemahan Hartati
Widiastuti). Norwalk: Crown
House Publising Company. (Buku
asli diterbitkan tahun 2005).
Nieveen, N. (1999). Prototyping to
Reach Product Quality: Design
Approaches and Tools in Education
and Training. Dorgrecht:
Netherland Kluwer Academic
Publishers
Sudjana, N., dkk. (2010). Media Pengajaran.
Bandung: Sinar Baru
Algasindo.
Trianto. (2011). Model pembelajaran
IPS terpadu: konsep, strategi, dan
implementasinya dalam Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan
(KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.
Winkel, W. S. (2007). Psikologi pengajaran.
Terjemahan. Yogyakarta:
Media Abadi.
DOI: http://dx.doi.org/10.47736/tajdidukasi.v7i1.78
Article Metrics
Abstract view : 124 timesPDF - 375 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 TAJDIDUKASI
TAJDIDUKASI: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan
ISSN 1979-6943 (print) | 2614-1361 (online)
Organized by Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM DIY
Published by Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY
Website : https://www.tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi/index
Email : [email protected]
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi.