ANALISIS KEMAMPUAN MENGAJAR MAHASISWA PGSD UAD PADA PENGAJARAN MIKRO TAHUN 2016/ 2017
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan mengajar mahasiswa PGSD
UAD pada perkuliahan microteaching tahun 2016/2017. Kemampuan mengajar
mahasiswa yang dinilai yaitu kemampuan pada saat melakukan microteaching yang
terbagi menjadi kemampuan melakukan pendahuluan, inti, dan penutup. Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dari penelitian
ini adalah 15 mahasiswa PGSD UAD semester VI (enam) kelas G1 pada mata kuliah
pengajaran mikro. Teknik pengumpulan data yaitu dengan lembar penilaian praktik
pengajaran. Ada lima kategori penilaian pada praktik pengajaran yaitu semua kriteria
penilaian tidak muncul, kurang baik, cukup baik, baik, dan sangat baik. Presentase yang
dituliskan pada hasil analisis ini adalah yang pada kriteria “baik”. Hasil dari penelitian
ini yaitu 1) Pada kegiatan pendahuluan, point apersepsi dan motivasi 66,67 % berada
pada kategori baik, point menyampaikan kompetensi dan rencana kegiatan ada 80 %;
2) pada kegiatan inti, point penguasaan materi pembelajaran 73,33 %, point penerapan
strategi pembelajaran yang mendidik ada 73,33 %, point penerapan pendekatan scientific
ada 80 %, point pemanfaatan sumber belajar 73,33 %, 3) pada kegiatan penutup, point
melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan peserta didik ada 86,67
%, point memberikan tes lisan atau tulisan 86,67 %, point mengumpulkan hasil kerja
sebagai bahan portofolio 53,33 %, point melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan
arahan kegiatan berikutnya 86,67 % berada pada kategori baik.
Kata kunci: analisis kemampuan mengajar, mahasiswa PGSD UAD, pengajaran mikro
Full Text:
PDFReferences
Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat
Pembelajaran. Bandung:
PT Remaja Rosdakarya
Djamarah, Syaiful Bahri dan Azwan
Zian. 2002. Strategi Belajar Mengajar.
Jakarta: Rineka Cipta.
Faizah M Nur. Pemanfaatan Sumber
Belajar dalam Pembelajaran
Sains Kelas V SD pada Pokok
Bahasan Makhluk Hidup dan
Proses Kehidupan. Vol 13. No
April 2012. Jurnal Penelitian
Pendidikan.
Hanafiah dan Suhana. 2012. Konsep
Strategi Pembelajaran. Bandung:
Refika Aditama.
Lexy J. Moleong. 2004. Metodologi
Penelitian Kualitatif. Bandung:
PT Remaja Rosdakarya.
Puspitaningrum, Ervina. 2016. Kemampuan
Guru dalam Pengelolaan
Kelas. Di SD Negeri Minomartani.
Vol VI, Nomor 28. Jurnal Pendidikan
Guru Sekolah Dasar.
Suyono dan Hariyanto. 2014. Belajar
dan Pembelajaran. Bandung: PT
Remaja Rosdakarya.
Tim Pengajaran Mikro. 2016. Buku
Panduan Pengajaran Mikro Mahasiswa
PGSD FKIP UAD. Yogyakarta:
PGSD UAD
Widodo, A. 2008. Panduan Pembelajaran
IPA SD/MI. Jakarta: Pusat
Perbukuan Depdiknas.
DOI: http://dx.doi.org/10.47736/tajdidukasi.v7i1.79
Article Metrics
Abstract view : 150 timesPDF - 230 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 TAJDIDUKASI
TAJDIDUKASI: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan
ISSN 1979-6943 (print) | 2614-1361 (online)
Organized by Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM DIY
Published by Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY
Website : https://www.tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi/index
Email : [email protected]
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi.