ANALISIS KEMAMPUAN MENGAJAR MAHASISWA PGSD UAD PADA PENGAJARAN MIKRO TAHUN 2016/ 2017

Siwi Purwanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan mengajar mahasiswa PGSD
UAD pada perkuliahan microteaching tahun 2016/2017. Kemampuan mengajar
mahasiswa yang dinilai yaitu kemampuan pada saat melakukan microteaching yang
terbagi menjadi kemampuan melakukan pendahuluan, inti, dan penutup. Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dari penelitian
ini adalah 15 mahasiswa PGSD UAD semester VI (enam) kelas G1 pada mata kuliah
pengajaran mikro. Teknik pengumpulan data yaitu dengan lembar penilaian praktik
pengajaran. Ada lima kategori penilaian pada praktik pengajaran yaitu semua kriteria
penilaian tidak muncul, kurang baik, cukup baik, baik, dan sangat baik. Presentase yang
dituliskan pada hasil analisis ini adalah yang pada kriteria “baik”. Hasil dari penelitian
ini yaitu 1) Pada kegiatan pendahuluan, point apersepsi dan motivasi 66,67 % berada
pada kategori baik, point menyampaikan kompetensi dan rencana kegiatan ada 80 %;
2) pada kegiatan inti, point penguasaan materi pembelajaran 73,33 %, point penerapan
strategi pembelajaran yang mendidik ada 73,33 %, point penerapan pendekatan scientific
ada 80 %, point pemanfaatan sumber belajar 73,33 %, 3) pada kegiatan penutup, point
melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan peserta didik ada 86,67
%, point memberikan tes lisan atau tulisan 86,67 %, point mengumpulkan hasil kerja
sebagai bahan portofolio 53,33 %, point melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan
arahan kegiatan berikutnya 86,67 % berada pada kategori baik.

Kata kunci: analisis kemampuan mengajar, mahasiswa PGSD UAD, pengajaran mikro


Full Text:

PDF

References


Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat

Pembelajaran. Bandung:

PT Remaja Rosdakarya

Djamarah, Syaiful Bahri dan Azwan

Zian. 2002. Strategi Belajar Mengajar.

Jakarta: Rineka Cipta.

Faizah M Nur. Pemanfaatan Sumber

Belajar dalam Pembelajaran

Sains Kelas V SD pada Pokok

Bahasan Makhluk Hidup dan

Proses Kehidupan. Vol 13. No

April 2012. Jurnal Penelitian

Pendidikan.

Hanafiah dan Suhana. 2012. Konsep

Strategi Pembelajaran. Bandung:

Refika Aditama.

Lexy J. Moleong. 2004. Metodologi

Penelitian Kualitatif. Bandung:

PT Remaja Rosdakarya.

Puspitaningrum, Ervina. 2016. Kemampuan

Guru dalam Pengelolaan

Kelas. Di SD Negeri Minomartani.

Vol VI, Nomor 28. Jurnal Pendidikan

Guru Sekolah Dasar.

Suyono dan Hariyanto. 2014. Belajar

dan Pembelajaran. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya.

Tim Pengajaran Mikro. 2016. Buku

Panduan Pengajaran Mikro Mahasiswa

PGSD FKIP UAD. Yogyakarta:

PGSD UAD

Widodo, A. 2008. Panduan Pembelajaran

IPA SD/MI. Jakarta: Pusat

Perbukuan Depdiknas.




DOI: http://dx.doi.org/10.47736/tajdidukasi.v7i1.79

Article Metrics

Abstract view : 150 times
PDF - 230 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 TAJDIDUKASI



TAJDIDUKASI: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan

ISSN 1979-6943 (print) | 2614-1361 (online)
Organized by Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM DIY
Published by Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY
Website : https://www.tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi/index
Email : [email protected]

Creative Commons License
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi.

Visitor Statistic