MENGHAFAL BACAAN SHALAT Melalui Metode Practice Rehearsal Pairs
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan hafalan bacaan shalat
fardhu melalui metode Practice Rehearsal Pairs siswa kelas X SMK Muhammadiyah
1 Sleman yang termasuk dalam penelitian tindakan kelas. Siswa kelas X (sepuluh)
SMK Muhammadiyah 1 Sleman menjadi subjek penelitian. Metode yang digunakan
untuk mengumpulkan data berupa observasi, tes, dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan dari hasil observasi
memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa pada siklus I rata-rata 63,64%
menjadi 79,55% pada siklus II dan menjadi 93,18% pada siklus III. Peningkatan rata-rata
nilai ulangan harian siklus tiga 77 dari 70 (nilai harian ulangan I), sebelum menggunakan
pembelajaran model PRP menjadi 74 (ulangan harian II) sesudah menggunakan model
PRP. Naik 0.3.
Kata kunci: Bacaan Shalat, Hafalan, dan Practice Rehearsal Pairs
Full Text:
PDFReferences
Ahmad Warson. Almunawir Kamus Bahasa
Arab-Indonesia, Surabaya;
Pustaka Progresif, 1997.
Hisyam Zaini, et al., Strategi Pembelajaran
Aktif. Cetakan ke-
,Yogyakarta: Pustaka Insan Madani,
Mel Silberman, Active Learning; 101
Strategi Pembelajaran Aktif. Cetakan
ke-1, Yogyakarta: Insan
Madani, 2005.
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian
Suatu Pendekatan Praktik.
Jakarta: Renaka Cipta, 2010.
Munawaroh Ahmad, I b a d a h /
Mu’amalah SMA/SMK/MA Muhammadiyah.
Yogyakarta: Majelis
Pendidikan Dasar dan Menengah
Pimpinan Wilayah Muhammadiyah
DIY, 2012.
Maryatun, Penerapan Model Pembelajaran
Practice Rehearsal Pairs
(Praktek Berpasangan) Untuk
Meningkatkan Aktivitas Belajar
Siswa Pada Mata Pelajaran Ips
Kelas Iv Sdn 02 Malanggaten,
ebakramat, Karanganyar Tahun
Pelajaran 2012/2013. Skripsi Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah
Surakarta, 2012.
Internet
http://kbbi.web.id/hafal. 7 Agustus
http://kbbi.web.id/hafal. 7 Agustus
DOI: http://dx.doi.org/10.47736/tajdidukasi.v7i1.81
Article Metrics
Abstract view : 214 timesPDF - 3178 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 TAJDIDUKASI
TAJDIDUKASI: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan
ISSN 1979-6943 (print) | 2614-1361 (online)
Organized by Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM DIY
Published by Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY
Website : https://www.tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi/index
Email : [email protected]
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi.