MENGHAFAL BACAAN SHALAT Melalui Metode Practice Rehearsal Pairs

Kasyadi Kasyadi

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan hafalan bacaan shalat
fardhu melalui metode Practice Rehearsal Pairs siswa kelas X SMK Muhammadiyah
1 Sleman yang termasuk dalam penelitian tindakan kelas. Siswa kelas X (sepuluh)
SMK Muhammadiyah 1 Sleman menjadi subjek penelitian. Metode yang digunakan
untuk mengumpulkan data berupa observasi, tes, dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan dari hasil observasi
memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa pada siklus I rata-rata 63,64%
menjadi 79,55% pada siklus II dan menjadi 93,18% pada siklus III. Peningkatan rata-rata
nilai ulangan harian siklus tiga 77 dari 70 (nilai harian ulangan I), sebelum menggunakan
pembelajaran model PRP menjadi 74 (ulangan harian II) sesudah menggunakan model
PRP. Naik 0.3.

Kata kunci: Bacaan Shalat, Hafalan, dan Practice Rehearsal Pairs


Full Text:

PDF

References


Ahmad Warson. Almunawir Kamus Bahasa

Arab-Indonesia, Surabaya;

Pustaka Progresif, 1997.

Hisyam Zaini, et al., Strategi Pembelajaran

Aktif. Cetakan ke-

,Yogyakarta: Pustaka Insan Madani,

Mel Silberman, Active Learning; 101

Strategi Pembelajaran Aktif. Cetakan

ke-1, Yogyakarta: Insan

Madani, 2005.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian

Suatu Pendekatan Praktik.

Jakarta: Renaka Cipta, 2010.

Munawaroh Ahmad, I b a d a h /

Mu’amalah SMA/SMK/MA Muhammadiyah.

Yogyakarta: Majelis

Pendidikan Dasar dan Menengah

Pimpinan Wilayah Muhammadiyah

DIY, 2012.

Maryatun, Penerapan Model Pembelajaran

Practice Rehearsal Pairs

(Praktek Berpasangan) Untuk

Meningkatkan Aktivitas Belajar

Siswa Pada Mata Pelajaran Ips

Kelas Iv Sdn 02 Malanggaten,

ebakramat, Karanganyar Tahun

Pelajaran 2012/2013. Skripsi Fakultas

Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammadiyah

Surakarta, 2012.

Internet

http://kbbi.web.id/hafal. 7 Agustus

http://kbbi.web.id/hafal. 7 Agustus




DOI: http://dx.doi.org/10.47736/tajdidukasi.v7i1.81

Article Metrics

Abstract view : 214 times
PDF - 3178 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 TAJDIDUKASI



TAJDIDUKASI: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan

ISSN 1979-6943 (print) | 2614-1361 (online)
Organized by Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM DIY
Published by Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY
Website : https://www.tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi/index
Email : [email protected]

Creative Commons License
Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi.

Visitor Statistic